Salima Mukansanga, Wasit Perempuan Pertama Asal Afrika di Piala Dunia 2022

Foto: Dok. Instagram @mukansanga_salima

Sejarah baru tercipta di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini. Jika biasanya seorang wasit diisi oleh seorang pria. Namun, pada turnamen sepak bola bergengsi ini ada tiga wasit perempuan dari total 36 wasit yang siap menjadi pengadil di lapangan. Seorang dari tiga wasit tersebut, bernama Salima Mukansanga.

Salima akan memimpin laga pertandingan mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang. Perempuan asli Rwanda tersebut ditunjuk secara resmi oleh FIFA pada Mei lalu. Penunjukkan itu berdasarkan kualitasnya sebagai wasit profesional.

Pencapaian itu sekaligus mencatatkan namanya dalam buku sejarah karena menjadi wasit perempuan pertama asal Afrika di Piala Dunia 2022.

|Baca Juga: Mengenal Sosok Ghanim Al-Muftah, Duta Piala Dunia Qatar 2022 yang Gemparkan Dunia

Foto: Dok. Instagram @mukansanga_salima

Salima Mukansanga lahir pada 1988 dari Distrik Rusizi, Rwanda Barat. Ia merupakan Sarjana Keperawatan di Universitas Gitwe di Provinsi Rwanda Selatan. Gelarnya tersebut melenceng jauh dari profesinya saat ini.

|Baca Juga: Hadiah Fantastis Pangeran MbS untuk Timnas Arab Saudi. Dari Rolls Royce Hingga Uang Tunai

Ia mulai tertarik menjadi wasit sejak duduk di bangku SMA di St, Vincent de Paul Musanze. Sejak saat itu ia mulai dipercaya menjadi wasit di laga pertandingan sepak bola pria maupun wanita kelas bawah. Lambat laun, karirnya sebagai wasit meningkat.

Sebelum didapuk menjadi wasit Piala Dunia. Ia sudah pernah menjadi wasit pada Ajang Piala Afrika 2016. Saat itu ia dipercaya menjadi pengatur pertandingan final antara Kamerun dan Nigeria. *pad/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here