Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Memilih Wadah Makanan

Ilustrasi. Foto: Freepik

Tahukah kamu, bahwa memilih wadah untuk menyimpan makanan, tidak sesederhana yang kita bayangkan. Karena tidak semua wadah aman dan baik untuk digunakan.

Tidak hanya akan berbahaya bagi tubuh kita, salah atau tidak tepat memilih wadah makanan bisa menurunkan kualitas makanan tersebut.

Kualitas wadah yang baik, akan memastikan makanan tetap terjaga kesegarannya dan terhindar dari kontaminasi yang tidak diinginkan.

| Baca Juga: Mirip Makanan, Sabun Unik dari DaintyDrops Ini Pasti Bikin Kamu Gemas!

Dengan memperhatikan keempat hal ini secara teliti, kamu dapat memilih wadah makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan perlindungan terbaik bagi makanan yang kamu simpan.

1Pastikan Ada Logo Food Grade
Poin penting saat memilih wadah makanan yaitu, apakah terdapat logo food grade (simbol gelas dan garpu) pada kemasan plastik. Mengapa ini penting? Karena food grade menandakan bahwa wadah tersebut aman untuk digunakan berulang kali untuk menyimpan makanan.

2Pahami Simbol Plastik yang Digunakan
Untuk wadah makanan, bahan yang disarankan dan aman digunakan adalah LDPE dan PP. LDPE (Low Density Polyethylene) aman dan baik digunakan sebagai bahan wadah makanan, karena bahan ini hampir tidak bereaksi dengan makanan di dalamnya. Sementara PP (Polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk menyimpan makanan dan minuman.

3Sudah Memenuhi Standard Lembaga Berwenang
Setiap produk yang berfungsi sebagai wadah penyimpanan makanan atau minuman, harus telah disetujui oleh lembaga khusus agar dapat beredar, seperti telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4Ada Simbol Merk Dagang yang Dipatenkan
Jika kita melihat di bagian bawah kemasan tempat makan, sebaiknya terdapat logo M (trade mark) atau R (registered). Ini menandakan bahwa produk tersebut telah dipatenkan atau terdaftar, dan keasliannya telah dijamin. Memilih wadah yang memiliki logo tersebut memberikan kepercayaan tambahan terhadap kualitas dan keamanan produk.

Jadi, sudah tepatkah wadah makananmu? (*/rein)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here