4 Tips Diet Ala Atlet Olimpiade yang Bisa Kamu Ikuti

Foto: pexels.com

Siapa bilang kalau cara diet atlet, tidak bisa diikuti oleh non-atlet? Justru, banyak kebiasaan mereka yang harus kamu tiru, agar diet-mu bisa semakin lancar dan terasa mudah.

Apa saja tips diet ala atlet ya?

  1. Gunakan Kopi Sebagai Pemacu

Kafein yang terkandung di dalam kopi, ternyata juga sering digunakan oleh para atlet sebelum latihan, untuk membantu meningkatkan tenaga mereka. Tentunya, kopi yang kamu pilih haruslah kopi dengan gula rendah.

Kopi bisa membuatmu semakin terjaga dan produktif, pembakaran di badan pun terjadi lebih cepat dengan adanya kopi. Kalau kamu mengikuti gym, kamu bisa meminum secangkir kopi hitam sebelum berolahraga.

| Baca Juga: 5 Manfaat Kopi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

2. Anggap Makanan Adalah Bahan Bakar

Dengan memiliki pola pikir bahwa makanan adalah bahan bakar, maka seperti kendaraanmu, kamu tidak akan mengisinya sebelum waktunya.

Jangan hidup untuk makan, tapi makanlah untuk hidup. Jangan mengisi bahan bakarmu terlalu penuh, namun juga jangan terlalu kosong. Hal ini juga akan membantumu memiliki pola makan sehat.

Dengan menganggap bahwa makan adalah mengisi bahan bakar, tentunya kamu tak akan mengkonsumsi makanan yang tidak baik untuk tubuhmu, bukan?

3. Jangan Sampai Dehidrasi

Kecuali ketika berpuasa, sebaiknya kamu secara konstan minum air putih. Terutama bila kamu bekerja dengan duduk dalam waktu yang lama. Dengan menghindari dehidrasi, metabolisme tubuh akan bekerja dengan lebih baik, dan pembakaran lemak akan lebih lancar.

| Baca Juga: Ternyata Kopi Favoritmu Bisa Mengatakan Kepribadian Kamu

4. Cintailah Seafood

Bila kamu alergi, maka poin terakhir ini bisa dilewatkan. Bila tidak, sebaiknya kamu mengonsumsi seafood secara reguler. Makanan laut adalah sumber protein hewani yang baik, kandungan omega tiga di dalam ikan akan membuat badanmu bekerja dengan baik.

Tidak hanya tubuhmu yang akan merasakan khasiatnya, namun juga otakmu. Kerena  Seafood bisa mencegah diabetes, dan mampu membantu menjaga berat badan.

Inilah beberapa tips diet yang biasa digunakan oleh atlet olimpiade, agar mereka bisa terus beraktifitas dengan prima. Perlu kamu ingat bahwa diet bukan hanya “menurunkan berat badan” tetapi juga “mengatur pola makan”. Benar bukan? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here