Terancam Di-blacklist Pemerintah China, Ini yang Dilakukan Nicholas Tse

nicholas-tse-kewarganegaraan
Foto: Net

Pemerintah China mulai memberlakukan peraturan Administrasi Radio dan Televisi Nasional China. Bahkan kabarnya mereka bakal membuat daftar hitam bagi beberapa pelaku industri hiburan. Di tengah situasi yang kian memanas ini, aktor sekaligus penyanyi Nicholas Tse memilih untuk menanggalkan kewarganegaraan Kanada yang dimilikinya. 

Keputusan Tse ini diambil setelah beredar desas-desus yang menyebut para seleb dengan kewarganegaraan ganda akan masuk ke dalam blacklist, termasuk dirinya. Dilansir dari South China Morning Post, para pelaku dunia hiburan yang memiliki kewarganegaraan ganda dianggap tidak patriotik. 

Sebab itu lah Nicholas Tse memilih untuk mencopot kewarganegaraan Kanada yang dimilikinya. Hal ini diungkapnya ketika menghadiri sebuah acara di China Central Television, Minggu (5/8).

“Saya sedang melihat-lihat ulasan film terbaru saya Raging Fire. Saat itu saya melihat bahwa beberapa orang mempertanyakan kewarganegaraan saya. Mereka mengatakan bahwa saya orang Kanada,” ujar aktor 41 tahun itu. 

nicholas tse copot kewarganegaraan kanada
Nicholas Tse. Foto: SCMP

Baca juga: Komplikasi Penyakit Jadi Penyebab Jet Li Berubah Drastis

Laki-laki yang terjun ke industri hiburan sejak berusia 16 tahun itu pun menegaskan kalau dia adalah warga negara China. Ia selalu mempromosikan budaya China di mana pun ia berada. 

“Baik itu makanan, musik atau pun film aksi, saya selalu bersedia untuk menyebarkan budaya China ke seluruh belahan dunia,” ujar laki-laki kelahiran 29 Agustus 1980 itu. 

Ayah Nicholas, Patrick Tse mengaku sudah tahu akan keputusan sang putra. Aktor veteran itu juga menghargai keputusan anaknya. Begitu pula dengan sang manajer, Mani Fok. 

Sementara itu, Nicholas Tse bukanlah satu-satunya seleb yang kabarnya akan masuk daftar hitam karena kewarganegaraannya. Di antaranya adalah Liu Yifei (kewarganegaraan Amerika), Jet Li (kewarganegaraan Singapura), Zhang Tielin (kewarganegaraan Inggris), Mark Chao (kewarganegaraan Kanada), Will Pan (kewarganegaraan Amerika) dan Wang Leehom (kewarganegaraan Amerika).

Rumor soal daftar hitam ini disebarkan oleh sutradara, Zhou Guogang melalui video yang diunggahnya di Douyin (TikTok di China, red). Bahkan saat itu ia memperingatkan Jet Li agar segera melarikan diri dari China.

“Cepat melarikan diri! Bulan depan mungkin rumahmu akan runtuh,” kata Zhou. 

jet-li-blacklist
Foto: Rengga Sancaya/detikFoto

Baca juga: Jet Li Terancam Di-blacklist di China. Disuruh Kabur ke Luar Negeri. Ada Apa?

Sebelum Jet Li, aktris China Vicki Zhao sudah terlebih dahulu masuk daftar hitam pemerintah. Pemain serial My Fair Princess atau Putri Huan Zhu itu hilang dari internet China. Namanya tak lagi bisa ditemukan di media online, media sosial ataupun platform streaming negara tersebut.

Bahkan semua film, drama ataupun program acara yang menghadirkan dirinya juga menghilang sejak 26 Agustus lalu. Begitu juga fanpage dan akun Vicki Zhao di Weibo seketika lenyap hingga sekarang. Padahal akun itu diikuti lebih dari 86 juta followers.

putri-huan-zhu Vicky zhao
Foto: Net

Tak ada alasan pasti mengapa Vicki hilang dari internet. Namun media Global Times yang dikendalikan Partai Komunis menuliskan bahwa  aktris berusia 45 tahun itu terjerat banyak skandal.

Ada beberapa spekulasi mengapa Vicki masuk daftar hitam. Apa saja? Lantas apa yang dilakukan Vicki setelah di-blacklist? Baca ulasan selengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2615, terbit Kamis 2 September 2021. Dapatkan Tabloid Nyata di:

Surabaya:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Official

Jakarta:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Jakarta

Untuk berlangganan: 082131583223
Happy Reading ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here