Amalia Tambunan Sabet Mahkota Miss Global Indonesia 2020

Amalia Tambunan miss-global-indonesia-2020
Foto: Reza Wibisono/Nyata

Malam final Miss Global Indonesia 2020 yang digelar Minggu (13/9) lalu berhasil mendapatkan juaranya. Dia adalah perwakilan dari Sumatera Utara, Amalia Tambunan.

Amalia berhasil  mengalahkan 12 finalis dari berbagai provinsi yang sebelumnya telah menjalani audisi secara online. Ini untuk kali pertama Miss Global Indonesia menggelar acara secara hybrid, dengan menggabungkan sistem online dan offline.

“Senang pastinya dan terharu bisa menang di ajang Miss Global Indonesia. Jadi saya tuh dikabari sebagai finalis pada Agustus lalu. Saya hanya punya persiapan kurang dari satu bulan. Banyak hal yang saya persiapkan, semisal public speaking, koreografi dan lainnya. Jadi sekali senang akhirnya bisa menang,” ujar Amalia Tambunan usai penyematan mahkota di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (13/9).

Perempuan kelahiran Medan 29 Agustus 1988 itu mengatakan, waktu karantina yang sangat pendek membuatnya tak bisa leluasa bersosialisasi dengan finalis lainnya. Karantina hanya dilakukan seminggu sebelum malam final berlangsung.

“Jadi dengan kontestan lain kurang interaksi, karena memang ketemunya sebentar dan masing-masing dari kita sangat sibuk. Kalau ditanya siapa peserta favorit saya, bingung juga jawabnya. Meski pun saya yang menang, tapi saya percaya yang lain juga sudah berusaha semaksimal mungkin,” kata Amalia.

amalia-tambunan
Foto: Reza Wibisono/Nyata

Baca juga: Tak Mau Punya Pasangan Beda Agama, Febby Rastanty Beber Alasannya

Presenter acara Pantang Ngemis di Global TV itu mengaku sangat bangga dengan prestasinya kali ini. Sebelumnya ia memang sudah masuk ke industri hiburan dengan jadi aktris layar kaca di sejumlah FTV, seperti Suara Hati Seorang Istri, Kisah Azab, Cinta Lama Belum Kelar hingga presenter. Ia menyebut prestasi ini adalah pencapaian tertinggi dalam kariernya di bidang entertainment.

“Ini akan menambah lagi semangat saya untuk mau terus belajar, setelah berdiri di sini. Apalagi tahun depan saya akan berlaga di ajang Miss Global International 2021,” ujar Amalia.

Di ajang ini, Amalia membuat dewan juri terkesan lewat pemaparan program urban farming yang dikelolanya di kawasan Cibarani, Bandung. Amalia memang besar di Kota Kembang.

“Silakan datang ke Cibarani, Bandung. Ke depannya program urban farming ini akan jadi percontohan bagi masyarakat kota yang ingin berkebun. Disana akan diajarin bercocok tanam, mengolah makanan yang baik, ” jelas Amalia.

Ia pun tak lupa menitipkan pesan pada wanita Indonesia yang kini tengah menghadapi pandemi Covid-19. “Saat ini memang saat yang berat, tapi perempuan Indonesia adalah perempuan yang kuat. Jangan pernah patah semangat,” tambah Amalia.

amalia-tambunan-miss-global-indonesia-2020-1
Foto: Reza Wibisono/Nyata

Baca juga: Ups! Istri John Legend Keceplosan Ungkap Jenis Kelamin Bayinya

Setelah Amalia, peringkat ke dua diraih oleh Desy Asnawati (Kalimantan Barat), dan  Olivia Aten (DKI Jakarta) sebagai peringkat ke tiga yang juga meraih Miss Social Media. Selain itu juga terpilih Lizzy Audrey (Jawa Barat 1) sebagai Best Performance dan Monica Florence (Jawa Barat 2) sebagai Miss Intelegensia.

“Hari ini kita sukses menyelenggarakan satu event kontes kecantikan yang pertama kali dilakukan secara hybrid. Tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat. Jadi semua yang hadir di sini semuanya melewati proses dengan ketat,” ujar Dr Teguh Dokter Teguh, Pembina PT Mahakarya Duta Pesona Indonesia yang menaungi Miss Global Indonesia.

Amalia sendiri nantinya akan mewakili Indonesia di ajang Miss Global International 2021 yang digelar di Indonesia pada September tahun depan. Lalu, seperti apa sih persiapan yang akan dilakukan Amelia?

“Persiapannya pasti hampir sama nantinya. Tapi yang pasti kontestan dari negara lain bisa saja lebih unggul dari kita, termasuk public speaking. Saya akan berusaha untuk menutupi kekurangan saya untuk bisa bersaing dengan puluhan finalis dari negara lain,” pungkas Amalia. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here