Aktor Dorman Borisman Wafat, Puluhan Film Pernah Dibintanginya

BERDUKA: Aktor Dorman Borisman wafat. Foto : Instagram/totosoegriwo
BERDUKA: Aktor Dorman Borisman wafat. Foto : Instagram/totosoegriwo

Aktor senior Dorman Borisman dikabarkan meninggal dunia. Pria yang dikenal karena berperan dalam film Manusia Enam Juta Dollar bersama tim Warkop DKI itu tutup usia pada 73 tahun.

Dorman Borisman wafat tepat pada Selasa, 7 Mei 2024 di rumah sakit Moch. Ridwan Meuraksa Jakarta pukul 19.18 WIB.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke rahmatullah, suami/bapak/ayah/abanganda kami DORMAN BORISMAN (KARDIMAN) dalam usia 73 tahun (5 Februari 1951–7 Mei 2024),” bunyi pesan dari pihak keluarga.

| Baca Juga: Kaki Kanan Dorman Borisman Akan Diamputasi, Keluarga Minta Doa

Almarhum disemayamkan di rumah duka, Kelurahan Dukuh Kramat Jati Jakarta Timur. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka, di Kelurahan Dukuh Kramat Jati Jakarta Timur, dan akan dikebumikan esok hari Rabu 8 Mei 2024,” lanjut pesan tersebut.

Pihak keluarga meminta maaf kepada rekan atau kerabat jika mendiang Dorman memiliki kesalahan. Mereka juga memohon doa agar dosa dan kesalahan semasa hidupnya dimaafkan.

Atas nama keluarga kami mohon dibukakan pintu maaf bagi almarhum, bilamana selama masa hidupnya ada kesalahan dan kekhilafan. Semoga almarhum mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT serta diterima segala amal ibadahnya, amiin ya robbal alamiin” tutup pesan tersebut.

Sebelum wafat, Dorman Borisman pernah menjalani amputasi kaki. Almarhum harus ikhlas menerima kenyataan kaki kanannya harus diamputasi pada Selasa (30/4/2024) lalu.

| Baca Juga: Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia, Berikut Deretan Karyanya

Dorman juga dikabarkan pernah mengalami stroke beberapa tahun lalu. Bahkan, ia sampai dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) waktu itu.

Pria kelahiran 5 Februari 1951 telah memainkan 60 judul film layar lebar dan ratusan judul sinetron serta karya pementasan yang diperaninya dalam rentang waktu dari tahun 1977 hingga tahun 2019.

Sinetron paling fenomenal yang pernah dibintanginya adalah “Saras 008” (Indosiar, 1998-2004), dia berperan sebagai Mas Yudhis.

Ketenarannya sebagai seorang spesialis pemeran orang batak, dimulai saat Dorman Borisman dimintai untuk menjadi seorang pengisi suara di sebuah judul film “Kecupan Pertama” pada tahun 1970.

| Baca Juga: Usai Kehilangan Anak, Kini Ibunda Angger Dimas Meninggal

Sejak saat itulah ia selalu terlibat didalam film remaja tersebut yang dibintangi oleh Rano Karno, seperti judul “Anak-Anak Buangan” dan juga “Binalnya Anak Muda”, dan tentunya dengan peran tokoh orang batak juga.

Bahkan di era sinetron pun, ia tetap berperan sebagai seorang tokoh batak. Begitu lekatnya peran tokoh tersebut pada dirinya, banyak yang tak tahu bahwa ia bukan kelahiran batak.

Dia merupakan lelaki keturunan Jawa tulen. Namun ia tetap dengan rendah hati, mengaku kalau kebanyakan perannya di dunia film sebagai pemeran tokoh batak. Beberapa film yang pernah dibintanginya adalah ‘Para Pemburu Gajah’, ‘Surat Kecil Untuk Tuhan’, ‘The Underdogs’, ‘Bayi Gaib : Bayi Tumbal Bayi Mati’, ‘Kembang Kantil’, ‘Generasi Micin VS Kevin dan ‘Orang Kaya Baru’ (2014-2019). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here