Ardhito Pramono, Kembali Berkreasi Pasca Rehabilitasi Lewat ‘Wijayakusuma’

ardhito-pramono-wijaya-kusuma
Dok. Instagram Ardhito Pramono

Setelah selesai dengan kasus penyalahgunaan narkotika dan berhasil menjalani rehabilitasi, Ardhito Pramono bergegas menunjukkan eksistensinya. Musisi tanah air itu kini telah mengeluarkan single terbarunya yang berjudul Wijayakusuma, Kamis (7/7) lalu.

Lagu ini sudah dipersiapkannya sejak tahun 2021, sebagai bentuk protesnya terhadap kasus penggusuran kawasan asri Canggu, Bali, yang akan digantikan dengan bangunan vila milik warga negara asing.

Lagu yang ditulis terinspirasi oleh kejadian saat saya menyaksikan sebuah kegiatan transaksional antara orang asing yang ingin menguasai sebuah lahan dengan cara membeli presentase lahan itu 99% dan di sisakan 1% untuk adat di salah satu pulau eksotis di Indonesia,” ujarnya di YouTube.

Dok. Instagram Ardhito Pramono

| Baca juga: 7 Hadiah Super Mewah di Ultah Aurel Hermansyah

Meski dikritik jauh dari kata nasionalis oleh Oomleo. Namun Ardhito tetap percaya diri menggandeng Gusti Irwan Wibowo lewat Aksara Records.

Selain bentuk protes, lagu ini juga sekaligus jadi sarana refleksi diri. “Banyak kecemasan, ‘guna gue apa, ya? Gue musisi, main film, penyiar juga. Terus apa?’” ujar Ardhito Pramono saat menghadiri promo single-nya “Wijayakusuma”.

Lagu berdurasi 4 menit 46 detik itu menggabungkan banyak aliran musik seperti klasik tradisional, rare-groove, pop kreatif, dan jazz.

Dok. Instagram Ardhito Pramono

| Baca juga: Gara-Gara Narkoba, Istri Cantik Ardhito Pramono Terekspos. Kapan Nikahnya?

Ardhito Pramono menggunakan padanan kata yang unik dan autentik dalam lagu Wijayakusuma. Pada akhir bagian, pria 27 tahun itu meminta penyinden, Peni Candra Rini untuk menembangkan lagunya yang diaransemen mendayu-dayu.

Sekilas, kalau mendengar lagu baru Ardhito, kamu akan menemukan vibes Kahitna di dalamnya. Suami dari Jeanneta Sanfadelia itu juga menjadi pemicu Hanindito Sidharta, co-founder Aksara Records untuk membangkitkan kembali label rekaman tersebut, dan menyasar anak-anak Millenial dan Gen Z. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here