6 Fakta Anthony Bourdain, Celebrity Chef yang Meninggal Secara Tragis

anthony-bourdain
Foto: David S. Holloway/CNN

Pekan ini dunia harus bersedih karena kehilangan dua pesohornya. Setelah desainer Kate Spade memutuskan mengakhiri hidup, Selasa (5/6) lalu, tiga hari kemudian celebrity chef Anthony Bourdain menyusul. Sedihnya, Anthony meninggal dengan cara yang sama, bunuh diri.

Berita ini tentunya mengejutkan beberapa pihak. Lebih lanjutnya, kami telah merangkum 6 fakta, tentang sang celebrity chef tersebut di bawah ini.

1. Sosok yang hebat dan dicintai

Pemilik nama lengkap Anthony Michael Bourdain ini, lahir di New York City pada 25 Juni 1956. Meski lahir di kota New York, namun Anthony dibesarkan di Leonia, New Jersey.

Anthony Bourdain adalah pembawa acara serial kuliner, Parts Unknown. Dia berhasil mengajak orang-orang melihat dunia lain. Membagikan makanan beserta keragaman budaya dan kuliner.

Melalui acara dan kepiawaiannya berkomunikasi, Anthony memiliki banyak penggemar. Tidak heran ketika dia meninggal, penonton televisi di seluruh dunia, berduka. Hampir semua penonton mengucapkan duka cita yang sama. ”Saya seperti kehilangan teman,” ucap mereka.

Anthony memang bukan sekadar celebrity chef, dia juga lebih dari sekadar figur pemerhati kuliner. Dia chef dengan talenta luar biasa, dan pencerita yang sering kali menggunakan buku dan acaranya untuk mengeksplorasi budaya, kuliner dan masyarakat.

Baca juga: Surat Kematian Jang Ja Yeon Ungkap Fakta Ia Dipaksa ‘Layani’ 31 Laki-laki

2. Perjalanan karir

Dalam bukunya, Anthony mengungkapkan kecintaannya pada makanan muncul sejak remaja ketika dia dan keluarga berlibur ke Prancis. Di sana dia makan tiram. Sejak saat itu dia berusaha mewujudkan harapan, akan kecintaannya pada makanan.

Anthony menyelesaikan pendidikan di Dwight-Englewood School, sebuah sekolah persiapan untuk sekolah di Englewood, New Jersey. Tapi kemudian dia masuk di Vassar College, sebelum akhirnya putus kuliah setelah dua tahun.

Anthony kemudian bekerja di restoran seafood di Provincetown, Massachusetts. Ketika di Vassar inilah, dia menemukan cita-citanya, dan memasak adalah hal yang harus dikejarnya. Saat bekerja di restoran itu, Anthony meneruskan kuliah di Culinary Institute of America dan lulus pada 1978.

Sesudahnya dia bekerja di banyak restoran di kota New York. Hingga akhirnya, dia menempati posisi executive chef di Brasserie Les Halles pada 1998.

3. Cinta berbagi

Dia ingin membagi pengalamannya, kepada banyak orang melalui banyak cara. Anthony pun memilih lewat buku dan acara kuliner.

”Karena itulah saya membuat acara televisi dan buku. Namun sebenarnya bukan itu yang jadi kebanggaan saya. Bagi saya, lebih penting membuat banyak orang senang ketimbang tahu bahwa acara saya sukses,” kata Anthony.

Baca juga: Ariel Tatum Tuai Hujatan Saat Terang-terangan Merokok

4. Telah melalui momen terbaik

https://www.youtube.com/watch?v=kyKN40EWTPU

Pada akhir Mei kemarin, Anthony sempat syuting Parts Unknown di Hong Kong. Disutradarai oleh kekasihnya, Asia Argento, episode ini ditayangkan pada 3 Juni. Proyek ini, juga mengajak sinematografer Christopher Doyle dalam pengerjaannya.

Karen Reynolds, yang bekerja sebagai humas CNN dan publisis Anthony, mengungkap bahwa chef itu sangat bersemangat akan episode ini.

“Dia sangat bersemangat dan senang akan episode Hong Kong. Hanya itu yang bisa dibicarakannya sepanjang minggu. Dia merasa episode ini sebagai pencapaian tertingginya,” ungkap Karen dalam wawancara bersama People.

5. Suasana hati gelap

Ibu Anthony, Gladys Bourdain mengungkap bahwa koki tersebut memilki suasana hati gelap beberapa hari belakangan.

“Tony memiliki mood yang gelap beberapa hari ini,” ungkap sang ibu kepada The New York Times. 

Tapi, dia tidak menyangka bahwa Tony akan memutuskan untuk bunuh diri.

“Dia punya segalanya. Kesuksesan yang dia capai, lebih dari mimpinya. Dia benar-benar orang terakhir di dunia, yang akan saya curigai untuk melakukan hal semacam itu.”

6. Gantung diri

Celebrity chef asal Amerika Serikat (AS) itu, gantung diri dengan jubah mandi, di kamar mandinya. Dia ditemukan oleh rekannya, Eric Ripert, seorang chef Prancis. Eric menemukan Anthony, dalam kondisi tidak sadarkan diri, di kamar hotelnya Le Chambard, Perancis, Jumat (8/6) pagi kemarin.

Sayang chef berusia 61 tahun itu tidak sekadar tak sadarkan diri, dia sudah menghembuskan nafas terakhirnya.

Baca juga: Yuk Intip Mewahnya Rumah Sandra Dewi yang Minimalis

Sosok Anthony Bourdain kini memang tidak ada lagi. Namun kenangan akan dia akan terus membekas di hati orang-orang yang mengenalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here