Jelang Idul Fitri, Ini Tips Memilih Mukena yang Nyaman untuk Shalat Ied

mukena idul fitri
Ilustrasi. (Foto. HIJUP)

Idul Fitri hampir tiba. Selain menyiapkan berbagai hidangan untuk momen silaturahim, jangan lupa juga mempersiapkan perlengkapan ibadah untuk shalat Ied anda. Kenakan mukena yang nyaman agar shalat terasa makin khusuk. Berikut beberapa tips memilih mukena yang nyaman, anti gerah dan tidak transparan.

Bahan Tidak Menerawang

Salah satu pertimbangan paling penting dalam memilih mukena adalah bahannya. Pastikan untuk memilih mukena dengan bahan yang ringan namun tidak menerawang. Sebab shalat Ied umumnya dilakukan berjamaah dan di tempat terbuka. Beberapa bahan yang terkenal nyaman dan tidak transparan untuk mukena adalah katun, rayon, dan sutra. Bahan mukena yang dingin akan membuat anda merasa nyaman ketika harus shalat berjamaah.

Ukuran yang Pas

Setelah menentukan bahan mukena yang diinginkan, anda perlu mencari ukuran mukena yang pas. Meski kebanyakan mukena dijual dalam ukuran all size, tetap ada perbedaan ukuran, terutama untuk panjang mukena. Anda juga boleh lho mencoba terlebih dahulu sebelum dibeli. Ini menghindari agar size yang anda inginkan tidak kekecilan atau kebesaran.

Di Bawah Kaki

Pastikan memilih mukena yang menutup hingga bagian bawah kaki, telapak tangan, dan lingkar wajah yang tidak terlalu besar maupun kecil. Dengan ukuran yang sesuai, ibadah akan terasa lebih nyaman dan aman karena aurat tertutup sempurna.

mukena idul fitri
Ilustrasi (Foto. Rumana)

Model sesuai Kebutuhan

Setidaknya terdapat tiga model mukena yang cukup populer. Pertama, mukena yang terdiri dari dua potong, yakni atasan dan bawahan dengan karet atau tali di bagian kepala. Kedua, mukena dua potong tanpa bagian penutup kepala, dan mukena terusan yang menyerupai gamis.

Setiap orang tentu memiliki standar kenyamanan mukena masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah potongan mukena yang sesuai. Misalnya, jika kamu sudah menggunakan kerudung dengan dalaman penutup rambut dan sedang dalam perjalanan, mukena dua potong tanpa bagian penutup kepala, mungkin bisa jadi pilihan tepat.

Jahitan Rapi

Tak beda dengan busana, mukena yang berkualitas juga bisa dilihat dari jahitannya yang rapi. Jahitan yang rapi juga membuat mukena tak cepat rusak. Sehingga nyaman dikenakan saat beribadah.

Pilih dengan Tas

Tips memilih mukena satu ini mungkin sering dianggap sepele. Padahal, dengan memilih mukena yang dilengkapi tas, kamu bisa dengan mudah membawanya ke mana pun. Salah satu mukena yang paling sering dilengkapi tas adalah mukena berbahan parasut karena ukurannya yang bisa dilipat sampai sangat kecil.

Corak dan Warna

Karena Idul Fitri adalah momen istimewa, anda bisa mengenakan mukena yang sedikit berbeda dari biasanya. Namun ingat, jangan sampai terkesan pamer. Pastikan saja bahwa mukena itu nyaman, bersih, harus dan sesuai kepribadian anda. *bbs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here