Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut Usai Makan Petai

cara ampuh menghilangkan bau petai pete
Foto: Klik Dokter

Ketupat, sayur lodeh lengkap dengan petai jadi salah satu menu andalan di momen hari raya Idul Fitri. Rasa nikmat dan gurih dari petai memang jadi idola bagi sebagian besar orang. Efek kurang menyenangkan makan petai adalah bau yang timbul setelah mengonsumsinya. Tidak sedikit yang penasaran dengan cara menghilangkan bau petai ini.

Mengapa makan petai bisa bikin napas bau? Ternyata pada biji petai terdapat beberapa zat yang menyebabkan bau tak sedap seperti hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, dan tetrathiepane. Dilansir dari Hallo Sehat, petai juga mengandung konsetrat asam amino yang tinggi menghasilkan gas metana (penghasil kentut) dalam tubuh.

Beruntungnya, zat-zat yang mengandung senyawa sulfur tersebut tidak berbahaya jika tertelan. Tapi ia akan menghasilkan bau gas yang keluar melalui napas pada mulut dan membuat urine berbau menyengat.

Nah buat kalian yang merasa terganggu dengan bau itu, tak usah risau. Nyata telah merangkum beberapa cara untuk menghilangkan bau tak sedap petai dengan mengonsumsi atau hanya mengunyah bahan makanan lain, seperti:

1. Cara Mudah Hilangkan Bau Petai dengan Mentimun

cara menghilangkan bau petai
Foto: Healthline

Gunakan mentimun sebagai lalap teman petai. Bisa dikonsumsi berbarengan atau kudap mentimun usai makan petai. Jika tak suka mentimun segar, bisa diolah untuk acar atau dikukus sebentar seperti setup.

2. Cara Menghilangkan Bau Petai dengan Teh

cara menghilangkan bau petai dengan teh
Foto: Forbes

Teh kental tanpa gula sebanyak tiga cangkir dapat mengurangi bau petai. Rasa pahit the mampu menyegarkan lagi bau mulut dan mengurangi bau yang dapat mengganggu di kamar kecil.

Baca juga: Resep Sambal Petai Teri Cabe Hijau untuk Berbagai Macam Hidangan

3. Kopi

cara menghilangkan bau petai dengan kopi
Foto: Wiki

Kopi juga ampuh menumpas bau tak sedap petai. Seduh seperti biasa tanpa tambahan gula. Jika tak suka pahitnya, cukup gunakan untuk berkumur selama 30-60 detik.

Baca juga: Tips Anti Gagal Bikin Dalgona Coffee & Dalgona Milo!

4. Cara Menghilangkan Bau Petai dengan Kacang Panjang

kacang panjang cara menghilangkan bau petai
Foto: Istana Tanaman

Bila tidak ada mentimun atau karena alasan lain maka kacang panjang akan sangat membantu menghilangkan bau petai. Sama seperti mentimun, kacang panjang tidak harus dikonsumsi bersamaan dengan petai. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here