Tips Anti Gagal Bikin Dalgona Coffee & Dalgona Milo!

0
1614
Tips dalgona coffee
Foto: Net

Sudah pada tahu dong dalgona coffee yang sedang viral itu? Yup, minuman olahan kopi dan susu yang berasal dari Korea Selatan ini memang ramai dibicarakan, lantaran menyuguhkan cara ngopi yang sedikit berbeda dari biasanya.

Tak sedikit bahkan yang sudah menjajal kreasi minuman tersebut. Apalagi di saat pandemi sekarang ini, orang lebih banyak menghabiskan waktu selama karantina mandiri di rumah, untuk mencoba hal-hal baru.

| Baca juga: 10 Inspirasi Resep Kudapan Manis ala Asmirandah

Nah, buat kalian yang belum coba atau mungkin gagal, berikut adalah tips bikin dalgona coffee anti gagal dari Chef Ken Kurniawan Sutanto, finalis Masterchef Indonesia 2012.

1. Bisa gunakan kopi instan ataupun milo

Lantaran cara penyajian kopi dibuat dalam bentuk foam, maka tips pertama yaitu pilih kopi instan tanpa ampas. Atau jika tidak bisa mengonsumsi kopi, misalkan untuk anak-anak, bisa juga menggunakan milo.

“Untuk dalgona milo perlu ditambahkan whipping cream cair, tapi yang nabati. Kenapa? Karena yang nabati lebih stabil, nggak pecah kalau kelamaan ngaduk.⁣⁣ Hewani juga bisa, asal tahu kapan harus berhenti ngaduk,” kata Chef asal Surabaya tersebut.

2. Perbandingan bahan

Gunakan perbandingan yang seimbang antara komposisi kopi, gula dan air. Misalnya dua sendok makan kopi bubuk, dua sendok makan gula pasir, dua sendok makan air. Tidak disarankan memberi gula terlalu sedikit, karena fungsinya sendiri untuk mengentalkan tekstur.

| Baca juga: Yuk, Coba Nikmati Hidangan ala Rijsttafel! Unik Banget, loh

Namun sedikit berbeda untuk pembuatan dalgona milo. Chef Ken memberi satu sendok makan gula, untuk dua sendok makan milo dan air. Tak lupa penambahan whipping cream cair sekitar dua sendok makan untuk mendapat tekstur foamy.

3. Air yang digunakan

Pada dasarnya, air suhu ruang saja sudah cukup untuk membuat dalgona coffee. Namun jika ingin proses pelarutan gula lebih cepat, bisa menggunakan air hangat atau panas.

4. Cara mengaduk

Untuk mendapat tekstur foamy seperti yang diharapkan, kuncinya cukup mengaduk secara cepat dan konsisten. Adapun peralatan yang digunakan bisa dengan mixer, balloon whisk, bahkan sendok sekalipun.

Ngaduk harus cepat dan konsisten, supaya cepet foamy,” pungkasnya.

| Baca juga: Chocotrenz 2019 Jadi Inspirasi Tren Pastry dan Bakery Kekinian

Setelah dirasa tekstur sudah pas, tuang es batu dan susu ke dalam gelas. Kemudian tambahkan foam kopi atau milo di atasnya. Dalgona coffee atau dalgona milo siap disajikan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here