Luna Maya dan Via Vallen Terancam Penjara 8 Tahun dan Denda Miliaran?

0
181
via-vallen-dan-luna-maya-rekam aladdin
Foto: Dok. Instagram Via Vallen/Luna Maya

Film Aladdin (2019) kini tengah jadi bahan perbincangan. Para penggemar cerita dongeng dari negeri 1001 malam itu berbondong-bondong ke bioskop, menikmati kisah cinta Aladdin dan Putri Jasmine. Tak terkecuali Luna Maya dan Via Vallen.

Keduanya pun membagikan pengalaman menonton film Disney tersebut lewat Instagram story-nya. Bahkan, Via dan Luna sempat membagikan cuplikan adegan film besutan Guy Ritchie itu. 

Baca juga: Adu Gaya Cetar Luna Maya vs Syahrini Saat Manggung Bareng

Luna merekam dan mengunggah adegan ketika Aladdin dan Putri Jasmine naik karpet ajaib dan menyanyikan A Whole New World. 

luna-maya rekam aladdin
Foto: Dok. Instagram Luna Maya

Baca juga: 6 Model Unik Anting Para Seleb yang Bisa Jadi Inspirasi Gayamu

Satu hati dengan Luna, Via juga mengunggah cuplikan adegan yang sama satu hari setelahnya, Minggu (26/5). 

via vallen rekam aladdin
Foto: Dok. Instagram Via Vallen

Baca juga: Dare to Bare! 10 Foto Artis Tanpa Makeup Ini Bikin Pangling

Meski untuk kepentingan pribadi, tindakan Luna dan Via itu tidak dibenarkan dalam beberapa peraturan perundang-undangan. Perbuatan mereka ini diduga melanggar UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). 

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik milik Orang lain atau milik publik,” begitu bunyi pasal 32 ayat 1 UU ITE

Siapapun yang melanggarnya, terancam penjara paling lama delapan tahun dan/denda paling banyak Rp 2 miliar. (*)