Usai Disomasi Andika ‘Kangen band’, Tri Suaka dan Zinidin Zidan Terancam Digugat 10 Miliar

Foto: Dok. Instagram

Nama Tri Suaka dan Zinidin Zidan kembali bikin heboh publik. Kali ini keduanya terseret masalah hukum atas aksi cover lagu yang mereka lakukan.

Setelah sebelumnya, membuat kontroversi karena membuat parodi untuk menyindir Andika Kangen Band. Sekarang Tri Suaka dan Zidan harus berhadapan dengan masalah hukum karena meng-cover lagu ‘Emas Hantaran’.

Faktanya, lagu yang di cover tersebut belum memiliki izin resmi dari si penciptanya, Erwin Agam. Oleh sebab itu, sebagai orang yang membuat sebuah karya tentu ia merasa keberatan.

“Jadi Bang Erwin ini adalah salah satu pencipta lagu yang hits di 2021. Ternyata di pertengahan jalan, banyak lagunya yang meng-cover. Setiap cover biasanya melakukan kerjasama, rata-rata minta izin ke Bang Erwin. Ada beberapa yang tidak minta izin, contohnya Tri Suaka dan beberapa orang lainnya,” jelas Arianto, kuasa hukum dari Erwin Agam pada Rabu (27/4) lalu.

|Baca Juga: Masa Lalu Terkuak! Benarkah Dian Sastro Pernah Ditolak Duta ‘Sheila On 7’?

Foto: Dok. YouTube Nabila Suaka

Lagu yang dipermasalahkan oleh Erwin Agam adalah Emas Hantaran dan Luka Sekarat Rasa. Diketahui bahwa Tri Suaka dan Zinidin Zidan sudah lima kali berturut-turut meng-cover lagu tersebut dan semuanya diunggah di YouTube.

Akibatnya, Tri Suaka dan Zinidin Zidan bisa terancam hukuman pidana selama delapan tahun dan denda sebanyak Rp1 miliar.

“Di dalam UU Hak Cipta, mereka yang memakai lagu tanpa izin disebut sebagai pelaku pembajakan. Pidananya bisa 8 tahun dan dendanya Rp1 miliar lebih,” lanjut kuasa hukumnya yang dikutip dari Intens Investigasi.

|Baca Juga: Pacar Tiara Andini Dikritik Gara-Gara Punya Harimau. Loh Kenapa?

Bila Tri Suaka dan Zidan sudah meng-cover 10 lagu tanpa izin, Erwin Agam dan Arianto akan menuntut keduanya dengan denda mencapai Rp10 miliar.

“Kalau untuk melakukan gugatan perdata, kami meminta ganti rugi kerugian materil Rp10 miliar dari 10 lagu yang di-upload dengan viewer-nya 1 sampai 15 juta,” tutupnya.

Dari kejadian ini, Erwin berharap untuk para YouTuber yang ingin meng-cover lagu orang lain agar bertindak lebih berhati-hati lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here