Menyusuri Frogmore Cottage, Pondok Mewah Tempat Karantina Pangeran Harry

rumah-pangeran-harry-frogmore-cottage
Foto: The New York Times

Demi mendiang Pangeran Philip, Pangeran Harry memilih mengubur sakit hatinya pada kerajaan Inggris untuk sementara. Duke of Sussex yang sudah menetap di Amerika Serikat sejak satu tahun lalu pulang ke Inggris untuk menghadiri pemakaman kakeknya, Sabtu (17/4) mendatang. 

Harry sampai di bandara Heathrow, London, Inggris, Minggu (11/4). Mengenakan celana chino, jaket dan masker berwarna hitam, Harry disambut oleh tim keamanan dan polisi saat di landasan. Ia langsung masuk ke mobil Range Rover hitam dan pergi menuju Frogmore Cottage, Windsor, Inggris. 

rumah-meghan-markle-pangeran-harry-frogmore-cottage
Frogmore Cottage, Inggris. Foto: Shutterstock

Baca juga: Suami Meghan Markle Bocorkan Perilaku Asli Pangeran Philip

Ayah satu anak itu harus menjalani karantina selama 10 hari. Namun kabarnya Harry tetap diizinkan untuk menghadiri pemakaman, meski masa karantinanya belum usai. Ia harus melanjutkan masa karantina setelah menghadiri prosesi tersebut. 

Frogmore Cottage dipilih Harry sebagai tempat karantinanya. Seperti diketahui Ratu Elizabeth menghadiahkan pondok tersebut untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah mereka menikah. 

Sebelum ditempati oleh Meghan dan Harry, pihak kerajaan melakukan renovasi besar-besaran untuk Frogmore Cottage. Kerajaan harus merogoh kocek setidaknya 2,4 juta poundsterling (Rp 48,2 miliar) dari uang pajak untuk renovasi. 

frogmore-cottage-rumah-pangeran-harry-sebelum-renovasi
Frogmore Cottage sebelum direnovasi. Foto: History Extra

Pemandangan indah jadi salah satu nilai plus yang ditawarkan dari kawasan Frogmore. Berbagai taman dan monumen bisa ditemukan di kawasan tersebut. Di antaranya adalah Queen Victoria’s Te House dan Indian Kiosk. 

danau-dekat-frogmore-cottage
Foto: Royal Collection

Keluarga Sussex pindah ke rumah tersebut sekitar awal Desember 2018. Hanya beberapa bulan sebelum Meghan melahirkan putra pertamanya, Archie Harrison pada Mei 2019. 

Mereka juga tidak lama tinggal di kediaman tersebut. Beberapa bulan setelah pindah, tepatnya akhir September 2019 keduanya melakukan tur kerajaan di Afrika selama 10 hari. Setelah itu Archie, Meghan dan Harry menghabiskan masa liburan Natal dan tahun baru di Kanada. 

liburan-archie-di-kanada
Foto: Dok. Instagram @sussexroyal

|Baca juga: Pangeran Harry Akhirnya Kembali ke Kerajaan Inggris Tanpa Meghan Markle

Awal tahun 2020, Harry dan Meghan memutuskan untuk mundur sebagai anggota senior kerajaan Inggris. Keduanya pun memilih untuk menetap di California, Amerika Serikat sejak paruh awal 2020. 

Frogmore Cottage pun tak berpenghuni selama lebih dari enam bulan. Akhir 2020, sepupu mereka, Putri Eugenie dan suaminya, Jack Brooksbank pindah ke Frogmore.

rumah-pangeran-harry-dan-meghan-markle-di-frogmore-cottage
Frogmore Cottage. Foto: REX/Shutterstock

Pihak Istana Windsor pun sudah buka suara terkait hal tersebut. Mereka mengatakan kalau Duke dan Duchess of Sussex berhak melakukan pengaturan apa pun terhadap rumah tersebut.

“Frogmore adalah kediaman pribadi Duke dan Duchess of Sussex. Dan segala macam perencanaan itu ada di tangan mereka,” kata pihak istana kepada People.

putri-eugenie-melahirkan-putra-pertama
Foto: WPA Pool/Getty Images

Kini Harry memilih kembali ke Frogmore dan melakukan karantinanya. Ia tinggal bersama sepupunya, Eugenie, Jack Brooksbank dan bayi mereka, August. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here