Tugas Kerajaan Pertama Ratu Elizabeth Pasca Pangeran Philip Tutup Usia

ratu-elizabeth-bertugas-setelah-pangeran-philip-meninggal-dunia-1
Foto: Joel Ryan/WPA Pool/Getty Images

Tugas kerajaan Inggris selalu jadi prioritas utama Ratu Elizabeth. Terbukti, meski tengah berduka karena kematian Pangeran Philip, ibu empat anak itu tetap menyempatkan waktunya untuk melakukan tugas kerajaan.

Selasa (13/4) kemarin, pemimpin monarki Inggris itu memimpin upacara pensiun Earl Peel yang sudah mengabdi di kerajaan selama 14 tahun sebagai Lord Chamberlain. Earl Peel sudah mengumumkan pengunduran dirinya sejak satu tahun lalu. 

“Earl Peel bertemu dengan Ratu hari ini. Ia menyerahkan tongkat dan lambang kantornya sebagai Lord Chamberlain. Lencana Kanselir Royal Victorian Order juga diserahkannya. Earl Peel melepaskan jabatannya sebagai Lord Chamberlain,” begitu bunyi surat edaran pengadilan seperti dilansir dari BBC

ratu-elizabeth-bertugas-setelah-pangeran-philip-meninggal-dunia
Ratu Elizabeth dan Earl Peel. Foto: PA/People

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Pangeran Philip Tidak Dapat Gelar Raja

Gelar Lord Chamberlain diemban oleh pejabat paling senior keluarga kerajaan Inggris. Ia bertugas untuk mengawasi berbagai departemen yang mendukung kerajaan. Lord Chamberlain juga bertindak sebagai koordinator dari komunikasi antara penguasa dengan Dewan Bangsawan Britania Raya. 

Meski sudah resmi pensiun, Earl Peel kabarnya juga akan mengawasi prosesi pemakaman Pangeran Philip pada Sabtu (17/4) mendatang. Prosesi tersebut dikenal sebagai Operation Forth Bridge. 

Baca juga: 10 Kemesraan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth. Couple Goals Banget!

Tugas Earl Peel diambil alih oleh mantan kepala mata-mata MI5, Baron Andrew Parker. Ia sudah memulai tugasnya satu minggu sebelum Pangeran Philip meninggal dunia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here