Detik-detik Pemakaman Pangeran Philip, William dan Kate Tiba di Kastil Windsor

pangeran-william-dan-kate-middleton-pemakaman-pangeran-philip
Foto: Berretta/Sims/REX

Hanya beberapa jam saja sebelum prosesi pemakaman suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip dimulai. Para pelayat sudah mulai berdatangan di Kastil Windsor, Inggris.

Sekitar pukul 11.00 BST (waktu setempat) sekitar pukul 15.00 WIB, peti Pangeran Philip bersama pedang, topi seragam angkatan laut, karangan bunga dipindahkan dari kapel pribadi Ratu Elizabeth ke aula dalam Kastil Windsor. Anggota kompi Grenadier pertama yang bertugas memindahkan barang-barang tersebut. 

Beberapa menit kemudian terlihat sejumlah rombongan mobil pelayat memasuki gerbang kastil Windsor. Pasukan berkuda berkumpul di halaman kastil. Pasukan bersenjata juga sudah bersiap. 

pangeran-charles-sampai-di-kastil-windsor
Foto: Max Mumby/Daily Mail

Baca juga: Ratu Larang Pemakaian Seragam Militer di Pemakaman Pangeran Philip. Ini Alasannya!

Tak lama kemudian, Pangeran Charles dan putra pertamanya, William sampai di Kastil Windsor. Keduanya datang bersama Camilla dan Kate Middleton.

Charles tampak begitu terpukul dengan kepergian sang ayah. Kesedihan terlihat jelas di matanya. Prince of Wales dan William mengenakan pakaian setelan berwarna hitam lengkap dengan masker berwarna senada. Sementara Kate Middleton tampil dalam gaun berwarna hitam, dipadankan dengan topi hitam berjaring dan masker hitam. 

pangeran-william-dan-kate-middleton
Foto: Max Mumby

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby juga sudah datang di kastil Windsor. Ia akan bertugas untuk memimpin misa di prosesi pemakaman Pangeran Philip di kapel St. George, Windsor. 

Bukan hanya keluarga kerajaan, masyarakat juga sudah memenuhi sepanjang jalan di luar kastil Windsor. Meski sudah dilarang untuk datang oleh pihak istana, masyarakat tetap bersikeras untuk memberikan penghormatan terakhirnya pada almarhum. 

pangeran-philip-pemakaman
Foto: EPA

Prosesi pemakaman Pangeran Philip akan dimulai sekitar bukul 14.30 BST (sekitar pukul 20.30 WIB). Rencananya prosesi iring-iringan jenazah akan dimulai sekitar pukul 14.30 dengan peti mati akan dibawa dengan Land Rover, mobil kesayangan Philip. Prosesi iring-iringan dari Kastil Windsor ke Kapel St. George akan dipimpin kelompok Pengawal Grenadier.

Upacara pemakaman akan diawali dengan Mengheningkan Cipta selama satu menit di seluruh negara itu, untuk mengenang Duke of Edinburgh. Di awal dan akhir Mengheningkan Cipta akan ditandai dengan senjata yang ditembakkan Artileri Pasukan Berkuda Ratu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here