Ratu Larang Pemakaian Seragam Militer di Pemakaman Pangeran Philip. Ini Alasannya!

pangeran-harry-seragam-militer
Momen indah saat Pangeran William dan Pangeran Harry sama-sama berseragam Angkatan Laut.. Foto: Net

Ratu Elizabeth II akhirnya melarang pemakaian seragam militer dalam prosesi pemakaman suaminya, Pangeran Philip kecuali sedang bertugas. Larangan itu dikeluarkan karena ada Pangeran Andrew untuk mengenakan seragam militer pada pemakaman ayahnya. Alasannya karena sang ayah dikebumikan dalam seragam militer juga.

Ayah Putri Beatrice dan Putri Eugenie itu memang militer aktif hingga tahun 2001. Ia juga mendapat gelar kehormatan Wakil Laksamana pada tahun 2015. Karena tugas-tugasnya di kerajaan masih terkait dengan militer, maka bertepatan dengan ulangtahunnya yang ke 60 tahun lalu, Angkatan Laut bermaksud memberi Andrew pangkat kehormatan, Laksamana.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Pangeran Philip Tidak Dapat Gelar Raja

Rencana itu batal. Sebab Ratu keburu menarik Andrew dari semua kewajiban pengabdian masyarakatnya. Sebab pangeran yang tetap menduda sejak bercerai dari Sarah Fergusson pada 1987 itu terbukti terlibat dalam skandal pedofilnya Epstein. Konglomerat AS yang kemudian bunuh diri di sel tahanannya.

1-pangeran-harry-seragam-militer
Gelar kehormatan militer Pangeran Harry yakni Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, Komandan Angkatan Udara Kehormatan Royal Air Force Base Honington, dan Panglima Kehormatan Kapal Kecil dan Operasi Selam Angkatan Laut Kerajaan dicopot, usai ia mundur sebagai anggota senior kerajaan Inggris. Foto: Net

Tetapi larangan Ratu Elizabeth itu tidak terkait dengan skandal tersebut. Melainkan agar cucunya, Harry tidak semakin terpojok. Karena di prosesi itu nanti, suami Meghan Markle ini harus berjalan berdampingan dengan kakaknya, Pangeran William Duke of Cambridge.

“Kalau diizinkan maka Pangeran William juga akan berseragam. Sedang Harry tidak karena memang sudah tidak boleh pakai atribut militer dan kerajaan sejak mengundurkan diri,” kata sebuah sumber di istana Buckingham. *bbs/nan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here