Takut Berat Badan Naik Selama di Rumah Aja? Begini Cara Mengatasinya!

0
164
berat-badan-naik
Foto: Net

Untuk menghindari penularan virus corona, mengkarantina diri di rumah saja menjadi solusi yang cukup efektif. Pemerintah mendukung langkah tersebut dengan memberlakukan imbauan bekerja, belajar dan beribadah di rumah saja.

Namun selama di rumah saja, kita jadi cemas dengan berat badan yang sedikit demi sedikit bertambah. Hal itu terjadi karena kita melakukan kebiasaan yang kurang tepat. Nah, ikuti yuk cara berikut ini agar berat badan tetap terjaga.

1. Makan Camilan yang Tepat

Sambil rebahan di kamar, camilan memang jadi teman yang pas untuk meningkatkan mood saat mengerjakan tugas dari kantor, kampus, atau sekolah. Namun hati-hati, kebiasaan itu bisa membuat berat badanmu tak terkontrol.

|Baca juga: Anak-anak di Masa Stay Home Corona: Kesempatan dan Tantangan

Solusinya, pilih campilan yang tidak mengandung bahan pengawet dan MSG. Perhatikanlah tabel rincian gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Usahakan pilih makanan yang mengandung tryptophan, seperti buah pisang, kacang-kacangan dan keju rendah lemak.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Meski di rumah saja, jangan lupa tetap mengonsumsi makanan yang seimbang. Perhatikan asupan makanan berprotein, karena mampu membentuk massa otot serta meningkatkan pelepasan hormon saluran cerna.

Selain itu, protein dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga pembakaran lemak akan lebih efektif.

3. Makan Makanan Berserat

Makanan berserat dapat memperlambat pengosongan lambung sekaligus membantu pelepasan hormon yang bisa memunculkan rasa kenyang lebih lama. Penuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan.

|Baca juga: Tetap Fit! Ini Kegiatan Olahraga 11 Artis di Tengah Isolasi Wabah Corona

4. Buat Jadwal Makan

Jadwal makan perlu diperhatikan agar kita lebih mudah mengatur jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Menurut para ahli, dalam satu hari umumnya jadwal makan terbagi atas tiga kali makan pokok dan dua kali makan selingan. Sesuaikan porsi makan sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh keadaan tubuh saat itu.

5. Jangan Lupa Olahraga!

Tidak bisa keluar rumah bukan berarti tidak berolahraga. Kita bisa berolahraga di dalam rumah agar kalori terbakar dan imun dapat meningkat. Meski tidak pergi ke gym, lakukanlah hal simpel seperti naik-turun tangga, treadmill, senam lantai maupun yoga. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here