Kendrick Lamar Cetak Sejarah dengan Menangkan Pulitzer Prize

Foto : CNN

Prestasi Kendrick Lamar di bidang musik, memang tak bisa diragukan lagi. Bahkan, Kendrick berhasil mencetak sejarah dengan memenangkan 2018 Pulitzer Prize in Music.

Dia menjadi penyanyi hip hop pertama, yang berhasil membawa penghargaan bergengsi itu. Sebelumnya, kategori ini seringkali dimenangkan oleh para musisi dengan aliran jazz atau klasik.

Penghargaan ini diberikan kepada Kendrick untuk album DAMN, yang dirilis pada 2017 kemarin. Menurut para dewan juri, album tersebut memberikan gambaran nyata, akan kompleksitas kehidupan orang-orang Afrika-Amerika modern.

Baca juga : Sandhy Sondoro Raih Kemenangan di Ajang Penghargaan Musik Rusia

Penyanyi dengan nama asli Kendrick Lamar Duckworth ini, berhasil mengalahkan komposer Michael Gilbertson dan Ted Hearne. Hadiah yang didapat juga tidak sedikit, yaitu sebesar US$ 15,000 atau sekitar Rp 206 juta.

Pulitzer Prize bukanlah satu-satunya penghargaan yang pernah dimenangkannya. Hingga sekarang, penyanyi 30 tahun ini juga berhasil membawa pulang 12 penghargaan Grammy, dan puluhan penghargaan lainnya.

Selain itu, penyanyi yang sempat memiliki nama panggung K-Dot ini, juga terkenal dengan lirik-lirik lagunya yang begitu dalam.  Dia seringkali menulis lagu sesuai dengan isu-isu hangat yang sedang mengemuka.

Salah satunya adalah lagu berjudul Alright dan The Blacker The Berry, yang menjadi semacam pengingat akan kejadian penembakan kaum minoritas di Amerika Serikat, yang sempat mendominasi berita utama beberapa tahun lalu.

Baca juga : So Sweet! 4 Momen Romantis di Film Black Panther yang Bikin Baper

Rapper kelahiran Compton, California ini juga dipilih oleh sutradara Black Panther, Ryan Coogler untuk mengisi soundtrack dari film tersebut. Dan lagi-lagi, dia membuktikan kehebatannya, dengan membawakan berbagai komposisi menarik untuk film Black Panther.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here