Jangan Asal! Ini Cara Tepat Merawat Jeans Agar Tetap Bagus dan Awet

Foto: Dok. Pexels/ Mica Asato

Hampir semua orang memiliki pakaian berbahan denim di lemarinya. Baik itu celana, baju, jaket, rok, dan lain sebagainya. Tapi masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara untuk merawat pakaian berbahan denim atau yang sering disebut dengan jeans ini secara tepat.

Ternyata untuk menjaga keawetan dari jeans yang digunakan, kuncinya berada pada saat mencucinya. Selama ini banyak orang yang mencuci pakaian dengan tujuan untuk membersihkan pakaian.

Namun Reno Riandri, Brand Marketing Manager Edwin, mengatakan bahwa jeans sebaiknya jangan terlalu sering dicuci.

“Karena kalau dicuci itu jeans akan nyusut. Dan kalau denim itu makin nggak dicuci, warnanya akan keluar semakin bagus. Makin lama itu justru semakin bagus biasanya,” kata Reno dalam temu media di EDWIN JEANS Special Event ‘Win With Edwin’ beberapa waktu lalu.

Bahkan laman The Guardian menjelaskan, ketika kamu membeli celana jeans baru (raw denim), waktu terbaik mencucinya setelah enam bulan. Itu karena ketika raw denim baru sering dicuci, dapat membuat seratnya lebih mudah rapuh dan warnanya lebih cepat memudar.

|Baca Juga: Digelar di Atas Kapal Pesiar, NYIFW Suguhkan 18 Brand Fashion Lokal

Sebelum mencucinya, Kita perlu membaca cara perawatan pakaian jeans kita pada label yang tertera pada pakaian yang kita miliki. “Pastikan kita memeriksa label perawatan kain pada pakaian kita sebelum mencucinya. Lalu usahakan untuk mencuci celana jeans secara terpisah dari barang-barang lainnya,” ujar Reno.

Dikatakan Reno, sebenarnya merawat celana jeans itu tergantung pemakainya. “Senyamannya aja. Kalau masih nyaman dipakai beberapa hari, ya dipakai aja terus. Kalau sudah bau, nyucinya pakai air sama detergen aja,” jelasnya.

Walaupun disarankan untuk jarang mencucinya, bukan berarti jika jeans terkena noda makanan, kita membiarkannya. Kita tetap harus mencuci di bagian yang terkena noda makanan tersebut. Namun jangan menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda. karena pemutih tidak hanya dapat memudarkan warna denim, tapi juga merusak bahan dan seratnya. Cukup gosok perlahan bagian yang bernoda dengan sabun, lalu cuci seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here