Daebak! Squid Game Ukir Sejarah Baru di SAG Awards 2022

lee-jung-jae-dan-jung-ho-yeon
Dok. TODD WILLIAMSON/ SHUTTERSTOCK

Lee Jung Jae dan Jung Ho Yeon berhasil menyabet penghargaan di ajang SAG Awards 2022. Keduanya bermain dalam film Squid Game yang hit tahun 2021 lalu. Masing-masing berhasil memboyong piala dengan nominasi aktor pria dan wanita terbaik kategori drama. Kemenangannya pada Minggu, (27/2) lalu berhasil mencetak sejarah karena berhasil meraih penghargaan sebagai serial tv non Bahasa Inggris pertama yang berhasil menang. 

Film thriller survival Netflix ini meraih empat nominasi di ajang yang dihadiri oleh banyak bintang Hollywood, diantaranya serial drama terbaik; serial televisi komedi atau drama terbaik; pemeran aktor pria terbaik serial drama, Lee Jung Jae; pemeran aktris wanita terbaik Jung Ho yeon. 

Lee Jung Jae. Dok. PATRICK T. FALLON/ AFP/ GETTY

Sambil terbata-bata Lee mengucapkan pidato kemenangannya dengan Bahasa Korea, “Astaga, terimakasih banyak! Ini sungguh hal besar yang terjadi padaku. Aku sudah menuliskan naskah kemenangan tapi aku rasa tidak akan membacanya.”

“Terimakasih SAG-AFTRA awards, dan terimakasih penonton di seluruh dunia atas cinta kalian kepada Squid Game. Dan terimakasih (juga) kepada teman-teman Squid Game yang lainnya,” pungkas Lee. 

Kemenangan Lee (49) sangat tidak disangka-sangka, sebab lawannya juga tak kalah hebat, mereka adalah Brian Cox (Succession), Kieran Culkin (Succession), Billy Crudup (The Morning Show), dan Jeremy Strong (Succession).

Dok. FRAZER HARRISON/GETTY

| Baca juga: Squid Game Pecahkan Sejarah di Gotham Awards 2021

Ada pun Jung (27) berhasil mengalahkan Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon, The Morning Show, Elisabeth Moss dari The Handmaid’s Tale, dan Sarah Snook dari Succession.

Dia megawali pidato kemenangan dengan tangisan. Sambil mengusap air mata, Jung yang mengenakan gaun hitam itu berkata, “Pertama-tama, terimakasih banyak. Aku sudah banyak melihat kalian di layar besar, sambil bermimpi suatu saat akan menjadi aktor. Aku hanya mau bilang terimakasih banyak sudah membukakan pintu untukku di industri film.”

Sama halnya seperti Jung, dia tidak menyangka karirnya di industri perfilman akan mulus semenjak memerankan karakter Kang Sae Byeok di film original Netflix, Squid Game. Dia benar-benar mengawali karirnya sebagai Korea’s Next Top Model.

Dok. MATT WINKELMEYER/ GETTY

| Baca juga: Selamat! Kakek Oh Young Soo ‘Squid Game’ Menang Golden Globe 2022

SAG Awards ke-28 adalah penghargaan ke sekian yang diterima Squid Game. Di perhelatan itu film karya Hwang Dong-hyuk berhasil membawa pulang tiga dari empat patung yang dinominasikan. Sebelumnya film yang mengisahkan  sekelompok orang dengan masalah hutang berbondong-bondong memperebutkan uang dalam jumlah besar dalam celengan babi besar itu berhasil meraih penghargaan di Golden Globe Awards melalui Kakek Oh Young Soo.

Kesuksessan berturut-turut drama Korea itu berhasil memancing sang sutradara untuk membuat sekuelnya. Pada bulan Januari 2022 Netflix mengonfirmasi adanya Squid Game musim ke dua.

“Jika ada season 2, di season pertama kami melihat Gi Hun adalah karakter yang kemanusiaannya ditunjukkan dalam situasi tertentu. Namun di season ke dua dia akan menjadi sosok yang belajar dari pengalaman,” ujar Hwang Dong Hyuk kepada Entertainment Weekly. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here