Uniknya Rumah Joglo Irfan Hakim yang Menyimpan Banyak Satwa

0
630
Rumah Irfan Hakim
Foto: Dok. Instagram Irfan Hakim

Rumah joglo merupakan rumah tradisional masyarakat Jawa, yang kini sudah jarang ditemui. Meski termasuk peninggalan zaman kuno, nyatanya keunikan bentuk rumah ini masih jadi daya tarik tersendiri. Tak heran, model rumah ini pun diadaptasi untuk rumah Irfan Hakim yang berlokasi di kawasan Jaticempaka, Bekasi itu.

Ya, presenter yang kini hampir tiap hari muncul di layar kaca ini menyukai rumah joglo lantaran dianggap unik dan klasik.

Gue suka sesuatu yang klasik dan tradisional. Dulu belajar tarian, musik, jadi duta seni. Kecintaan pada hal-hal tradisional itu besar sekali, makanya untuk rumah juga gitu,” tutur Irfan di kanal YouTube Ricis Official.

| Baca juga: Menyimak 6 Potret Rumah BCL yang Jarang Terekspos

Nah, untuk kalian yang penasaran seperti apa rumah Irfan Hakim, simak ulasannya berikut:

1. Teras depan rumah joglo

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Bangunan rumah joglo ini dibeli langsung dari daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk gebyok, Irfan mendapatkannya dari Solo. Begitu juga lampu, meja, kursi dan interior-interior lainnya, didapat dari pasar barang bekas dari berbagai daerah.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan semua perabotan di sana. Sementara hanya butuh satu setengah tahun untuk proses pembangunan rumah.

| Baca juga: Menyusuri Kemegahan Istana Kensington yang Ditinggali Kate Middleton

Pada teras bangunan joglo itu, terdapat meja dan kursi kayu dengan model khas zaman dulu. Ubin warna kuning kecokelatan dengan motif bunga-bunga kecil di tengahnya, makin menambah kesan klasik rumah itu.

2. Ruang tamu

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Irfan membiarkan rumah joglonya ini lega tanpa sekat. Perabotan pun tak terlalu banyak, tapi tetap terlihat dinamis dengan pilihan warna dan ukiran-ukiran pada perabotnya. Tak terkecuali kesan yang ditimbulkan dari motif ubin yang dipilih.

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Di salah satu sudut ruangan, artis kelahiran Bandung itu memamerkan koleksi radio tua dan pemutar piringan hitam, yang tersembunyi di dalam meja kayu tua. Ada pula lemari tempat menyimpan penghargaan-penghargaan yang diterimanya selama berkiprah di dunia hiburan.

3. Ruang santai

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Tak banyak yang tahu, rupanya Irfan Hakim adalah seorang pengagum lukisan. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya lukisan-lukisan yang menghias dinding rumahnya. Tak terkecuali lukisan nenek tua yang terpampang di bangunan rumah ini. Ya, rumah joglo milik Irfan terhubung dengan bangunan rumah lainnya yang lebih modern, seperti yang tampak pada gambar tersebut.

4. Kamar anak

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Kamar anak tak kalah luasnya dengan bangunan rumah joglo. Ini lantaran ruangan ini diperuntukkan bagi ketiga anak perempuan Irfan.

| Baca juga: Jauh dari Kesan Mewah, Yuk Intip Rumah Zaskia Adya Mecca di Jogja!

Dengan model tempat tidur yang sama, ketiga ranjang itu dilengkapi dengan ukiran nama masing-masing anak di bagian atasnya. Warna putih dan pink mendominasi ruangan ini. Meski begitu, motif ubin tetap mengandung unsur klasik sebagaimana ruangan sebelum-sebelumnya.

4. Kebun balkon

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Pemilik nama lengkap Irfan Hakim Firmansyah itu memiliki beberapa koleksi tanaman di salah satu balkon rumah. Kebun balkon, begitu ia mengenalkan spot ini pada Ricis.

Ada beragam sayuran yang sengaja di tanam sebagai media pembelajaran untuk sang anak. Di antaranya selada, bayam, cabai, dan sebagainya.

5. Mobil klasik

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Irfan mengaku bukan tipe pria yang menggemari dunia otomotif. Namun ia memiliki satu mobil klasik berwarna merah yang cukup kece.

6. Kandang kura-kura

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Nah, selain menyukai hal-hal yang berbau tradisional, seperti rumah joglonya itu. Irfan juga termasuk penyayang binatang. Pria berusia 44 tahun itu punya sejumlah koleksi satwa, satu di antaranya yaitu kura-kura.

| Baca juga: Melihat-lihat Rumah Deddy Corbuzier yang Jarang Terekspos

Tak main-main, kura-kura darat yang didapat langsung dari alam Afrika ini sudah ia rawat selama bertahun-tahun. Bahkan sekarang sudah beranak pinak. Diakui Irfan, alasan merawat hewan yang memiliki cangkang ini lantaran kura-kura memiliki waktu hidup yang cukup lama.

7. Koleksi ikan

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Di dalam bangunan rumahnya, Irfan memiliki kolam kecil yang penuh dengan ikan koi berukuran besar.

“Kemarin ada yang sampai satu meter panjangnya, tapi mati, sampai anak gue nangis,” tutur Irfan ke Ricis.

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Bukan itu saja, koleksi ikan milik Irfan juga ada di dalam akuarium raksasa, yang diletakkan di salah satu ruangan. Nampaknya ruangan ini benar-benar dikhususkan untuk bersantai. Karena selain akuarium, ada juga televisi berukuran besar lengkap dengan home theatre dan beberapa bean bag chair.

8. Kandang burung merak

Rumah Irfan Hakim
Foto: Kanal YouTube Ricis Official

Last but not least, kandang unggas. Ya, selain burung, ayam, Irfan memiliki beberapa koleksi burung merak yang terkenal dengan bulu indahnya itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here