Positif Corona, Ini Curahan Hati Aktris Andrea Dian

andrea-dian-menderita-virus-corona-1
Foto: Dok. Instagram Andrea Dian

Kian hari, jumlah penderita virus corona kian bertambah saja. Lebih dari 300 ribu kasus ditemukan di seluruh dunia. Di Indonesia pun sudah dikonfirmasi ada sebanyak 450 kasus COVID-19.

Setelah pesinetron Detri Warmanto, kini giliran aktris Andrea Dian. Minggu (22/3) ini, istri Ganindra Bimo itu mengungkapkan kalau dirinya positif menderita virus corona. Andrea menyampaikan pesan tersebut lewat Instagram, bersama sebuah foto selfie saat dirinya berada di sebuah kamar di rumah sakit. Ia tak ingin orang-orang yang menyayanginya merasa khawatir, karena saat ini kondisinya baik-baik saja.

Aku positif terinfeksi COVID-19. Melalui pesan ini aku pengen orang – orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan – tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar. Don’t worry, I’m okay,” tulisnya dalam keterangan foto tersebut. 

istri-ganindra-bimo-terkena-virus-corona
Foto: Dok. Instagram Andrea Dian

Andrea pun mengungkapkan beberapa gejala yang sempat dirasakannya. Awalnya ia demam pada 13 Maret, dan langsung dilarikan ke sebuah rumah sakit swasta. Di sana ia didiagnosa menderita demam berdarah dan langsung diopname.

Tanggal 15 aku udah mulai fit. Tapi karena khawatir aku diminta untuk cek thorax. Hasilnya bagus. Cek influenza, hasilnya negative. Dan waktu scan paru, ada flek di kanan dan kiri. Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus Covid-19 apa tidak. Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalo aku positif Covid-19,” lanjutnya.

Pada malam itu pula, artis 34 tahun itu langsung dipindah ke rumah sakit yang dirujuk pemerintah untuk isolasi virus corona. Apalagi ia mengaku menderita autoimun. Dian mengatakan, kini diisolasi di sebuah ruangan bersama lima pasien positif virus corona lainnya.

Aku punya kondisi auto immune yang mana membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi immune ku. Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda,” kata pemilik nama lenglap Andrea Dian Indria Sari Setiawan tersebut. 

Baca juga: Senangnya, Chicco Jerikho Temukan ‘Kembaran’ Masa Kecilnya

Andrea menjelaskan kalau ada beberapa pasien di ruangan itu yang kondisinya jauh lebih buruk. Ia bersyukur pihak medis telah memberikan pelayanan terbaik. Tetapi Andrea juga tidak menutup mata bahwa mereka sudah kewalahan dengan banyaknya kasus ini.

Aku sehat dan tidak ada keluhan apapun. Tapi di ruangan ini beberapa temen tidak dengan kondisi sebaik aku. Perawat dan dokter di sini sangat ramah dan membantu. Tapi aku lihat sendiri bagaimana mereka sangat kuwalahan menghadapi banyaknya pasien, baik yang positif maupun yang suspect,” imbuhnya. 

Artis kelahiran 11 April 1985 tersebut merasa cukup beruntung, meski menerima fasilitas yang seadanya. Karena ternyata begitu banyak pasien yang tidak mendapat tempat istrahat yang layak. Bahkan Andrea mengatakan kalau tidak sedikit pasien yang harus tidur di bangsal.

Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar yang seadanya. Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak. Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di konteiner,” ujar Andrea.

andrea-dian-menderita-virus-corona
Foto: Dok. Instagram Andrea Dian

Ia pun mengimbau agar pihak berwenang lebih memperhatikan fasilitas para tenaga medis. “Bila ada pihak yang berwenang membaca pesanku ini, mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini, fasilitas dan penangan pasien yang diisolasi seperti hal – hal dasar; sanitizer, tissue, sabun, air minum, kami kekurangan. Yang juga penting adalah penanganan pasien yang membludak. Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan. Butuh peralatan yang layak dan system yang jelas,” tambahnya. 

Baca juga: Tips Jitu Menata Lemari agar tak Nampak seperti Gudang

Bingung dan stres, jadi hal yang dirasakan oleh Andrea setelah dirinya didiagnosa positif virus corona. Namun, dukungan dari orang-orang terdekat termasuk sang suami, membuatnya menjadi lebih tenang.

Tak lupa, Andrea pun menyampaikan pesan agar masyarakat tidak menganggap remeh virus corona ini. Ia mengatakan agar masyarakat mengikuti himbauan pemerintah sehingga bisa mengurangi tingkat penyebaran COVID-19.

Dan berusaha untuk disiplin: #Dirumahaja, jaga jarak, karantina diri sendiri sesuai arahan. Daya tampung dan kapasitas tenaga kesehatan kita terbatas. Mereka pun bersiko terpapar virus. Sling jaga, Saling sayang. Kita bisa melewati situasi ini kalau kita bersama-sama dan peduli,” tulisnya.

Dan ingat walaupun kalian tidak merasa ada gejala COVID-19 seperti demam, batuk, pilek atau sesak nafas. kalian yang imunnya bagus bisa jadi pembawa virus ke orang-orang yang kalian sayang dan orang sekitar lainnya. Jaga kesehatan dan keselamatan kalian untuk diri kalian dam orang-orang yang kalian cintai,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here