3 Menu Simpel, Cepat, dan Praktis untuk Bekal ke Kantor

3 Menu Simpel, Cepat, dan Praktis untuk Bekal ke Kantor
Foto: Dok. Trista Chen and Marcus Aurelius on Pexels

Cara bijak untuk mengatur pengeluaran adalah dengan cara membuat dan membawa makanan sendiri daripada membeli. Bahkan, bahan-bahan untuk memasak sarapan ini dapat menggunakan bahan sisa masakan kemarin, loh! Selain lebih murah dan tentu saja lebih sehat, tiga menu simpel ini sangat praktis untuk dijadikan bekal ke kantor, maupun ke sekolah. Yuk simak bersama!

|Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa Paling Favorit dari Berbagai Negara

Nasi Goreng Kilat

Siapa yang tak cinta dengan masakan ini? Cara mengolah yang mudah membuat makanan ini mudah untuk menarik hati para penimatnya. Selain itu, topping atau isian nasi goreng sangat fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Bahan yang harus kalian siapkan adalah nasi putih sesuai porsi anda, telur ayam satu butir, daun bawang satu batang, kecap asin satu sendok teh, mayonaise dua sendok makan, sosis dua buah, lalu garam dan lada secukupnya.

Campurkan mayonaise dan nasi putih hingga rata. Panaskan wajan, lalu orak-arik telur ayam hingga setengah matang. Masukan sosis yang telah dipotong-potong. Tumis sebentar. Masukkan daun bawang dan tumis hingga layu. Lalu masukkan nasi garam, lada bubuk, dan kecap. Aduk hingga semua tercampur rata. Sajikan.

Seperti yang sudah disebutkan, nasi goreng adalah menu yang sangat fleksibel. Anda dapat menambahkan potongan ayam, atau bahkan kornet untuk meningkatkan asupan protein. Anda juga dapat menaruh paprika, cabai, wortel, atau apapun yang anda miliki di rumah untuk menambah cita rasa nasi goreng anda.

Telur Saus Mentega

Ada yang berpendapat bahwa telur adalah bahan makanan paling fleksibel yang dapat kita temui dengan mudah! Bagaimana tidak? Digoreng ataupun direbus, bumbu apapun yang kalian kasih, rasanya pasti akan enak! Ditambah lagi kadar protein yang tinggi akan membuat kalian terasa kenyang lebih lama, loh!

Untuk masakan ini anda perlu menyiapkan telur dua butir, bumbu telur (garam, lada) sesuai selera, bawang bombay secukupnya, saus tiram satu sendok makan, kecap manis dua sendok makan, saus tomat satu sendok makan, gula secukupnya, dan juga mentega secukupnya.

Kocok kedua telur. Jika ingin rasa telur yang kuat, jangan lupa tambahkan bumbu sesuai selera. Panaskan minyak goreng pada wajan, lalu goreng telur hingga matang, sisihkan. Dengan minyak sisa telur tadi, masukkan seluruh bahan kecuali mentega. Setelah semua mengental, beri mentega lalu aduk hingga leleh.

Jika anda membawa bekal ini, jangan lupa pisahkan nasi, telur, dan juga saus, agar tekstur nasi dan telur tidak menjadi lembek.

Beberapa bahan di atas dapat diganti jika dirasa tidak tersedia di rumah atau tidak sesuai dengan rasa yang anda inginkan. Bawang bombay dapat diganti dengan irisan bawang merah, sementara itu saus tomat dapat diganti atau ditambahkan dengan saus sambal. Untuk rasa yang lebih nendang, anda dapat menambahkan saus Inggris bila tersedia di rumah!

Bola-bola Tempe

Ada sisa tempe di kulkas dan bosan dengan olahan tempe goreng? Dibuat bola-bola saja! Anda memang dapat menggoreng tempe lalu disajikan begitu saja. Namun resep satu ini akan terasa sangat nikmat loh!

Bahan yang harus anda siapkan cukup simpel, 200 gram tempe kukus, empat butir bawang merah, satu butir bawang putih, satu butir telur, setengah sendok the garam, lada, kaldu bubuk, tiga sendok makan tepung terigu, dan satu sendok makan tepung maizena. Untuk bahan pelapis bola-bola ini, anda hanya memerlukan satu butir telur yang dikocok, dan juga tepung panis kasar secukupnya.

Haluskan tempe, bawang merah dan juga bawang putih. Masukkan garam, lada, telur, tepung terigu, dan maizena, lalu aduk rata. Ambil adonan tempe, bulatkan. Gulingkan bola tempe ke telur, lalu tepung panir. Goreng dalam minya panas sampai kecoklatan.

Jika anda sedang memiliki sisa keju yang bisa meleleh, dapat anda isikan ke bola-bola tersebut. Caranya sebelum dibentuk bola, pipihkan adonan tempe, isi bagian tengah dengan keju, lalu bulatkan.

Anda dapat menyajikan bola-bola tempe dengan saus tomat, saus sambal, dan juga nasi. Dijamin, rekan kerja anda akan iri melihat olahan tempe yang tak biasa ini!

|Baca Juga: Menu Sehat yang Cocok Atasi Lapar Malam Hari

Itu tadi adalah tiga menu simpel yang cocok untuk dijadikan bekal ke kantor. Anda dapat menyesuaikan rasa isian sesuai dengan selera anda. Selamat berkreasi! *yog/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here