Perjalanan Sabyan Gambus, dari Karya yang Melejit Hingga Isu Perselingkuhan

Sabyan Gambus
Foto: Dok. Instagram Sabyan Gambus

Grup musik Sabyan Gambus kini kembali hangat diperbincangkan. Sayangnya, bukan karya mereka yang menjadi topik pembahasan kali ini. Melainkan isu perselingkuhan yang terjadi di antara personelnya, yakni Nissa dan Ayus.

Meski begitu, nama grup Sabyan Gambus sejatinya memang telah terkenal sebelumnya. Melalui aliran musik pop religi, Sabyan Gambus menjadi salah satu grup musik religi paling fenomenal di Tanah Air.

Awal Mula Dibentuk

Dibentuk pada tahun 2015, mulanya grup ini dibuat untuk tampil di acara-acara pernikahan. Kemudian seiring berjalannya waktu, mereka memanfaatkan sarana YouTube sebagai tempat menyalurkan karyanya.

Dari situ, Sabyan Gambus yang beranggotakan Anisa Rahman (vokalis), Ahmad Fairuz alias Ayus (keyboardist), Sofwan Yusuf alias Wawan (perkusi), Kamal (darbuka), dan Tubagus Syaifullah alias Tebe (biola) mulai berkarya membuat single, album dan meng-cover lagu-lagu religi. Kemudian di tahun 2016, Khairunnisa alias Nissa bergabung dan menjadi vokalis utama.

| Baca juga: Dibilang Mirip, Ini Adu Gaya Nissa Sabyan Vs Ririe Fairus

Lagu pertama yang membuat Sabyan Gambus viral adalah cover Deen Assalam di tahun 2018. Video tersebut menjadi trending dan ditonton oleh puluhan juta masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

Prestasi Sabyan Gambus

Di tahun yang sama, tepatnya 23 Mei 2018, mereka mengeluarkan album dengan single bertajuk Ya Maulana. Mereka juga semakin aktif meng-cover lagu-lagu religi, dan hampir semuanya viral. Contohnya saja lagu Istri Rasulullah, Ya Jamalu, Rahman ya Rahman dan banyak lagi yang lainnya.

Puncaknya, Sabyan Gambus meraih penghargaan pertamanya sebagai Grup Musik Terbaik dan Karya Produksi Lagu Islami Terbaik dalam Anugerah Syiar Ramadan 1439H. Untuk selanjutnya diikuti oleh penghargaan-penghargaan bergengsi lainnya.

Kemudian di tahun 2019, kisah perjalanan grup ini diangkat ke dalam sebuah film layar lebar yang berjudul Sabyan: Menjemput Mimpi. Menurut sang sutradara, Amin Ishaq, 80 persen isi film ini diadopsi dari kisah nyata. Bahkan seluruh personel Sabyan Gambus ikut terlibat dalam film musikal ini.

Personel Hengkang

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpanya. Seiring dengan kesuksesan tersebut, rupanya Sabyan Gambus harus kehilangan dua personelnya. Anisa Rahman (vokalis) dan Tebe (biola) memutuskan hengkang dari Sabyan Gambus.

Terkait kabar hengkang tersebut, Ayus (keyboardist) mengatakan tidak ada yang berubah dari grup musiknya. Mereka akan tetap memanfaatkan kemampuan dari personel yang tersisa. Sedangkan menurut Nissa (vokalis), alasan Anisa dan Tebe hengkang lantaran telah memiliki kesibukan yang lain.

Menyusul dua personel tersebut, Wawan (perkusi) juga hengkang dari Sabyang Gambus. Sehingga kini hanya tersisa tiga personel, yakni Nissa, Ayus dan Kamal.

| Baca juga: Ayus dan Nissa Sabyan Disebut Nikah Siri, Keluarga Buka Suara

Sementara itu, dengan adanya isu perselingkuhan antara Nissa dan Ayus, bahkan sempat beredar kabar kalau keduanya sudah menikah siri. Lantas, seperti apa nasib Sabyan Gambus sekarang? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here