Anak Sakit akibat Gadget, Zaskia Mecca Merasa Gagal Jadi Orangtua

kehidupan-zaskia-adya-mecca
Foto: Dok. Instagram Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca baru saja ditimpa kemalangan. Putra ke tiganya, Bhai Kaba, menderita sakit yang membuatnya sangat panik. Hingga pemain film Surga yang tak Dirindukan (2015) itu merasa gagal sebagai orangtua.

Hal itu bermula ketika putranya yang biasa dipanggil Aba tersebut, mengeluh pusing yang luar biasa pada sore hari. Mendengar keluhan itu, Zaskia langsung memberinya paracetamol dan ibuprofen sebagai obat peredanya.

Namun obat itu ternyata tak mampu meredakan penderitaan Aba. Tengah malam, Aba kembali merasa kesakitan. Tak mau terjadi hal yang tidak diinginkan pada Aba, esok paginya Zaskia membawa putranya itu ke rumah sakit.

Saat itu Aba sudah lemas, karena harus menahan pusing semalam penuh. Selama perjalanan menuju rumah sakit, bocah 3,5 tahun itu juga muntah-muntah, sehingga membuat Zaskia semakin panik.

Untungnya Aba tidak harus menunggu lama untuk diperiksa dokter. Namun, betapa terkejutnya Zaskia ketika dokter menduga rasa pusing yang dialami Aba terjadi akibat radiasi gawai.

“Kata dokter ini kemungkinan besar dari gadget. Mungkin dari matanya, dia pusing, dia lelah main gadget. Wah di situ aku langsung ngerasa jadi orangtua yang gagal luar biasa. Merasa bersalah, karena kok bisa anakku sakit gara-gara kelebihan main gadget,” ungkap Zaskia dalam kanal YouTube The Bramantyos.

|Baca juga: Inspirasi 10 Gaya Berhijab Zaman Now Ala Zaskia Adya Mecca

Zaskia mengakui, selama ini dia membebaskan anak-anaknya bermain gadget. Aba pun biasanya tidak akan rewel saat bermain games lewat handphone.

“Karena emang controlling gadget kan bener-bener orang dewasa. Dan kenapa sih kita orang dewasa ngasih gadget, karena kita ambil praktisnya aja. Biar anak nggak rewel kita kasih aja handphone anak akan diem,” jelasnya.

“Itu rasanya pengen balik ke rumah dan pengen aku banting gadget yang biasanya aku pinjemin ke dia, saking aku marahnya sama diriku sendiri,” lanjut wanita yang biasa dipanggil Bia itu.

|Baca juga: Tips Ala Zaskia Adya Mecca Saat Ajak Anak-anak Naik Pesawat

Kini Zaskia membatasi anaknya untuk bermain gadget. Anak-anaknya pun kini lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dengan mainannya yang sudah lama dimasukkan dalam dus.

“Sejak hari itu, langsung aku stop total nggak ada yang nyentuh handphone. Terus sehari aku kasih screentime buat nonton YouTube di TV itu dua jam maksimal. Dan apa yang terjadi? Baik-baik aja. Nggak ada yang nanyain hp,” beber Zaskia.

“Jadi ternyata semua baik baik saja. Kita berpikir anak ketergantungan dengan gadget, tapi sekarang aku berpikir yang ketergantungan anak atau orangtuanya. Oke ini anak-anakku tidak akan aku kasih gadget sampai di usia tertentu,” tegasnya.

Namun, suatu ketika, Aba kembali merasa pusing. Zaskia pun kembali membawanya ke dokter. Untuk mengecek lebih detail, Aba menjalani pemeriksaan CT Scan. Hasilnya, sakit kepala parah yang dirasakan Aba rupanya terjadi akibat sinusitis yang diderita. Untungnya kini kondisi putra ke tiga Zaskia itu sudah membaik. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here