Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki keindahan wisata alam yang menawan dan juga wisata kuliner khas Banyuwangi.

Liburan kali ini kami berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata di Banyuwangi dan mencicipi kuliner yang wajib di coba saat kamu berkunjung ke Banyuwangi. Cekidot!

Hari 1

Kami berangkat dari Surabaya ke Banyuwangi pukul 7 pagi. Perjalanan ke Banyuwangi memakan waktu sekitar 6 jam (tergantung traffic juga ya). Biasanya terkendala padat di jalur menuju pelabuhan Ketapang karena antrean kendaraan yang mau masuk ke pelabuhan. Kami sampai di Banyuwangi tengah hari dan langsung mencari kuliner khas Banyuwangi:

Pecel Rawon
Kami mampir di salah satu kedai terkenal yang menyuguhkan menu Pecel Rawon yaitu Depot Pecel Ayu yang beralamat di Jl. Laksda Adi Sucipto no.60, Sobo, Banyuwangi.

wisata-di-banyuwangi-13
Foto: August Triana / TabloidNyata.com

Nasi Tempong
Buat para pecinta pedas, kamu pasti doyan banget makanan khas Banyuwangi yang satu ini. Nasi tempong terdiri dari nasi panas, sayuran rebus, tahu/tempe goreng, dadar jagung, ikan asin, dan aneka pilihan lauk seperti telur dadar, ayam, jeroan, pepes, ikan, dll. Keistimewaan nasi tempong ini terletak pada sambal nya yang segar dan super pedas. Saking pedasnya, orang yang menyantap nasi nasi ini berasa seperti di-tempong (ditampar). Nasi tempong yang kami kunjungi yaitu Sego Tempong Mbok Nah yang beralamat di Jl. Kolonel Sugiono, Banyuwangi.

Foto: August Triana / TabloidNyata.com
Foto: August Triana / TabloidNyata.com

Bersambung…