Membedah 19 Pesan Tersembunyi dari Lagu Baru Taylor Swift

0
134
Lagu Baru Taylor Swift
Foto: YouTube

Video klip dari lagu baru Taylor Swift, Look What You Made Me Do, akhirnya dirilis kemarin. Tidak hanya sukses ‘mengguncang’ internet, lagu baru tersebut juga menjadi headline dibanyak situs media.

Layaknya di film-film Marvel yang selalu menyelipkan pesan/petunjuk rahasia—atau yang biasa disebut easter eggs—begitu juga klip baru Taylor Swift ini. Tercatat ada 14 pesan yang diselipkan didalamnya, namun sebelum mengulasnya satu per satu, yuk kita simak dulu videonya dibawah ini.

Apa saja pesan tersembunyi tersebut? Simak ulasannya dibawah ini.

1. TS/13

Foto: You Tube

Diawal klip, batu-batu nisan tersebut tersusun dan merangkai huruf TS, yang merupakan kependekan dari Taylor Swift. Namun jika kamu perhatikan lagi, bentukan tersebut juga terbaca sebagai angka 13, dimana angka tersebut merupakan angka keberuntungannya.

2. Zombie Taylor Swift

Foto: You Tube

Hilang sudah wajah cantiknya, saat dirinya muncul sebagai zombie. Adegan ini merujuk pada klip lagu Out of the Woods, dari album 1989 yang rilis tahun 2014.

3. Kuburan Nils Sjöberg

Foto: You Tube

Nils Sjöberg merupakan nama samaran yang ia pakai saat menulis lagu This Is What You Came For, bersama mantan pacarnya, Calvin Harris.

4. Katy Perry

Foto: You Tube/Getty Images

Seperti yang kita tahu, ada sejarahnya dimana Taylor Swift berseteru dengan Katy Perry. Meski Katy Perry sudah meminta maaf dan menyampaikan keinginannya untuk berdamai—hingga mengubah lirik lagu Swish Swish yang awalnya ditujukan untuk menyindirnya—namun sepertinya tak membuat Taylor dengan mudah melupakan masalah tersebut.

Dalam salah satu adegan, Taylor menata rambutnya mirip dengan Katy Perry, serta membawa piala Grammy. Seolah menyindir bahwa dirinya telah menangkan 10 Grammy, sementara Katy Perry yang masuk dalam 13 nominasi, tidak pernah menang sekalipun.


Baca juga:  Akhir Drama Perseteruan Katy Perry dan Taylor Swift


5. Pasukan Boneka

Foto: You Tube

Taylor dengan pabrik bonekanya. Sebuah scene yang menanggapi kritikan bahwa teman-temannya memiliki tampilan yang sama (model, tinggi, pirang, dsb). Salah satu contohnya, artikel Taylor Swift’s ‘squad’ has become a cult yang ditulis New York Post awal September 2015.

6. Swift vs Perusahaan Streaming

Foto: You Tube

Kejengkelannya dengan perusahaan streaming juga ia luapkan disini. Terlihat Taylor dengan topeng kucingnya membobol brankas perusahaan streaming. Adegan ini menggambarkan perseteruannya dengan Spotify, yang telah men-streaming lagunya dengan gratis.

Pada 2015, TS menulis surat terbuka kepada Apple, tentang bagaimana mereka menolak untuk membayar royalti kepada penyanyi-penyanyi baru, dalam tiga bulan masa percobaan.

Sedangkan untuk topeng kucing yang ia kenakan bersama teman-temannya, adalah penggambaran Taylor yang merupakan penggemar berat kucing. Dua kucing kesayangannya, Olivia dan Meredith, telah menjadi bagian dari brand-nya.


Baca juga: 4 Selebriti Ini Ternyata Juga Penggemar Binatang Sepertimu Lho!


7. Kaos Junior Jewels Baru

Foto: You Tube

Kalau adegan ini, merujuk pada klip You Belong With Me yang dirilis tahun 2009. Namun nama-nama yang tertulis pada kaos diganti dengan nama-nama sahabatnya, seperti Selena [Gomez], Blake [Lively] & Ryan [Reynolds], Lena [Dunham], dan masih banyak lagi.

8. Mengubur Taylor Swift Lama

Foto: You Tube/Getty Images

Sosok Taylor Swift lama yang dikubur adalah Taylor Swift dari Met Gala 2014.

9. Et tu, Brute?

Foto: You Tube

Di pegangan kursi tempat Taylor Swift duduk, tertulis sebuah kalimat dari bahasa Latin, Et tu, Brute. Kalau dalam bahasa Inggris, artinya Even you, Brutus? (sekalipun kamu Brutus). Julius Caesar pernah mengucapkan kata-kata tersebut setelah menyadari bahwa temannya, Brutus, terlibat dalam kematiannya. Kalimat ini sering digunakan untuk menyindir teman yang menusuk dari belakang.

10. Kendall Jenner Tea Time

Foto: You Tube/Getty Images

Tahun lalu Kim Kardashian memposting ke Snapchats, foto Taylor Swift dan Kanye West, yang terkait dengan lagu Famous. Seperti yang kita tahu, Famous sempat menuai kontroversi pada waktu itu.

Usai postingan Kim, Kendall Jenner kemudian memposting foto dirinya dengan captiontea time.”  Hal tersebut kemudian menjadi viral, dimana banyak orang yang menganggap itu ditujukan kepada Taylor Swift dengan pesan untuknya agar santai sejenak dari perseteruannya dengan Kanye.

Dalam klipnya ini, Taylor melakukan hal serupa namun dengan teh asli. Bahkan, kakinya pun disilang untuk menirukan gaya Kendall waktu itu.

11. Momen Memalukan di MTV VMA 2009

Foto: You Tube/Getty Images

Adegan ini merujuk pada saat dirinya menjadi korban, ketika Kanye West memotong pidatonya di MTV Video Music Awards tahun 2009. Itulah momen pertama dimulainya perseteruan antara Taylor dan Kanye.

12. Kemenangan Taylor Swift di Pengadilan

Foto: You Tube

Masih segar di ingatan kita, sekitar dua pekan yang lalu Taylor Swift memenangkan gugatannya terhadap DJ David Mueller, terkait kasus pelecehan seksual yang dialaminya. Dalam gugatan tersebut, ia hanya menuntut ganti rugi sebesar $1.

Meski syuting video Look What You Made Me Do dilakukan sekitar sebulan yang lalu, sepertinya Taylor tahu bahwa dirinya akan menang atas gugatan tersebut.

13. Taylor vs Calvin

Foto: You Tube

Masih terkait dengan Calvin Harris, dalam adegan saat Taylor memotong sayap pesawat, terlihat dirinya mengenakan kaos bernuansa tropikal. Kaos tersebut senada dengan yang digunakan Calvin saat berkolaborasi dengan Katy Perry, Pharrell Williams dan Big Sean dalam lagu Feels.

Calvin sendiri juga telah merilis dua lalu, Ole dan My Way, yang isinya tentang Taylor.

14. I (Heart) TS

Foto: You Tube/Getty Images

Tulisan I (Heart) TS yang ada di baju dancer-nya, sama seperti yang tertulis di kaos yang dikenakan Tom Hiddleston saat perayaan Empat Juli (hari kemerdekaan Amerika) tahun lalu. Seperti yang diketahui publik, keduanya tengah menjalin hubungan asmara pada waktu itu.

Namun keputusan Taylor untuk menyudahi hubungannya dengan Tom, ternyata menjadi pukulan keras untuknya. Karena akibat keputusannya tersebut, banyak fans Tom yang memusuhinya.

15. Delapan Dancer Laki-laki

Foto: You Tube

Banyak orang yang menyebut adegan ini sebagai penggambaran delapan laki-laki yang pernah terlibat asmara dengan Taylor, seperti Tom Hiddleston, Calvin Harris, Joe Jonas, Taylor Lautner, Harry Styles, Conor Kennedy, Jake Gyllenhaal, dan John Mayer. Dan mereka semua pernah mengenakan kaos I (Heart) TS.

16. Taylor Swifts Baru

Sementara Taylor Swift baru bernyanyi didepan kamera, semua masa lalunya—atau reputasinya, merujuk pada judul albumnya—mencoba mendaki untuk kembali menduduki puncak.


Baca juga:  6 Fakta Ini Membuat Taylor Swift Menjadi Seleb yang Menarik!


17. Tirukan Gaya Kim Kardashian

Kim Kardashian pun ikut terseret ke dalam video ini. Di bagian akhir lagu, diri Taylor yang lama berteriak “Getting receipts! I’m gonna edit this later.” Kemudian ia mengambil swafoto yang posenya mirip dengan gaya khas istri dari Kanye West tersebut. Hal ini bisa jadi adalah sindiran atas kejadian yang menimpa Taylor Swift dan Kanye West sebelumnya, yakni ketika pria tersebut mengaku di telepon bahwa ialah yang membuat Taylor populer.

18. Wajah Terkejut

Sementara semua sosok Taylor lama berkumpul di akhir video, Zombie Taylor menyindir Taylor yang mengenakan kaos Junior Jewels dengan wajah terkejutnya, dengan kata-kata, “It’s so annoying.”

Kata-kata tersebut pun dilanjutkan dengan pertanyaan, “What’s with that b*tch?,” oleh Taylor yang lain. Zombie Taylor pun menyambut kata-kata tersebut dengan ucapan, “Don’t call me that.” Adegan ini seolah merujuk pada pernyataan Kim Kardashian  di video snapchat-nya yang mengatakan bahwa Taylor tidak memberikan izin untuk Kanye West memanggilnya “that b*tch” di lagu Famous.

19. Bermain Sebagai Korban

Setelah serangkaian adegan, tiba pada momen dimana Biker Taylor berkata kepada Taylor yang lain, “Ini dia bermain sebagai korban…. lagi.” Kalimat tersebut seolah meresponi kritikan yang selama ini ditujukan kepadanya, bahwa Taylor membangun seluruh karirnya dengan bermain sebagai korban.

Itulah ke-19 pesan tersembunyi yang diselipkan dalam setiap adegan di klipnya, Look What You Made Me Do. Sepertinya Taylor sukses meluapkan semua uneg-uneg-nya dalam sebuah video berdurasi empat menit tersebut.