Pencipta Lagu Song for the Children, Marshal Manengkei Tutup Usia

2
375
Marshal Manengkei Tutup Usia
Foto: Net

Perkembangan dunia musik tidak pernah berhenti. Artis baru berdatangan, grup band terbentuk dan top hits terus berganti. Tapi musik dan lagu-lagu klasik memang tidak pernah tergantikan. Seperti lagu Song for the Children yang digunakan oleh PBB sebagai lagu kebangsaan anak-anak. Meskipun lagu ini dipolulerkan oleh penyanyi Suriname, Oscar Harris, sebenarnya yang menciptakanlagu ini adalah orang Indonesia kelahiran Surabaya.

Marshal Manengkei tutup usia di umur 68 tahun pada hari Jumat 25/8, setelah tidak sadarkan diri selama beberapa hari dirawat di RS Medistra Jakarta.

Bangsa Indonesia sudah kehilangan seorang pencipta lagu, produser, komposer yang luar biasa. Pria yang memiliki nama lengkap Marshal Conradt Jules Manengkei ini memang sempat kembali ke Indonesia sejak tahun 2012 lalu. Marshal ingin menghabiskan hari tuanya di tanah kelahirannya.

Baca juga: Kebaikan dr Ryan Thamrin yang Paling Dikenang oleh dr Reisa

Pria Kelahiran 9 Maret 1949 ini terpaksa meninggalkan Indonesia sejak usia muda. Terjadinya tragedi politik tahun 1965, menyebabkan keluarga Marshal merasa kuatir atas keselamatan mereka dan berimigrasi ke Eropa.

Pria yang berdarah Minahasa, Sulawesi Utara ini, selama di Belanda Marshal sempat menikah dua kali dan kedua-duanya berakhir dalam perceraian.

Selain lagu Song for the Children yang mendunia, pria yang tidak dikarunia anak ini memiliki banyak kontribusi pada lagu-lagu hits di perkembangan musik Eropa-Belanda tahun 1970an.

Yuk, kita bernostalgia dengan lagu-lagu klasik karya Marshal Manengkei:

My Love (Eddie Calvert)

Sing Me Back Home (Rosy & Andres)

My Love (Rosy & Andres)

Terang Bulan (Tantowi Yahya & Marshal Manengkei)

*fel

Marshal Manengkei asli Minahasa, hanya lahirnya saja di Surabaya. dia asli Tondano Minahasa Sulawesi Utara.

Terima kasih Ricky untuk informasinya. Artikelnya sudah diperbaiki menjadi lebih akurat.