Gitar John Lennon ‘The Beatles’ Akan Dilelang hingga Rp13 Miliar

John Lennon, The Beatles dalam film Help! 1965. (Foto: Shutterstock)
John Lennon, The Beatles dalam film Help! 1965. (Foto: Shutterstock)

Setelah 50 tahun hilang, gitar milik musisi legendaris John Lennon akan dilelang dengan harga perkiraan 485 – 647 ribu poundsterling atau 9,7 hingga 13 miliar rupiah. Pelelangan ini percaya bisa menjadi rekor dunia baru untuk gitar The Beatles dengan penjualan tertinggi.

Sebuah gitar yang dimainkan oleh John Lennon bersama rekan The Beatles, George Harrison dalam sesi album ‘Help! dan Rubber Soul’, telah ditemukan di gudang rumah milik warga Inggris.

Gitar akustik 12 string model Hootenanny yang dibuat oleh perusahaan Jerman, Framus, pada awal 1960-an, tersebut pertama kali muncul dimainkan oleh Lennon dan film Help! 1965, khususnya dalam adegan ketika Beatles menampilkan lagu You’ve Got to Hide Your Love Away. Lagu itu diciptakan oleh Lennon.

Gitar John Lennon. (Foto: Getty Images)
Gitar John Lennon yang akan dilelang. (Foto: Getty Images)

Itu juga digunakan selama sesi rekaman lagu It’s Only Love, I’ve Just Seen A Face,  dan Girl bersama dengan trek ritme untuk Norwegian Wood yang dimainkan oleh George Harrison.

| Baca Juga: Sebarkan Konspirasi John Lennon Muslim, Dul Jaelani Picu Perdebatan

Gitar ini diyakini awalnya menjadi milik gitaris Gordon Walker, salah satu anggota duo pop Peter & Gordon. Duo itu memiliki hits bersama lagu-lagu Lennon-McCartney, seperti A World Without Love, yang sempat menduduki puncak tangga lagu AS dan Inggris.

Selanjutnya, Darren Julien, salah satu pendiri dan direktur eksekutif Julien’s Auctions yang menawarkan gitar itu untuk dilelang. “Menemukan instrumen yang luar biasa ini seperti menemukan (karya) Rembrandt atau Picasso yang hilang, dan itu (gitar) masih terlihat dan bisa dimainkan seperti mimpi,” kata Julien, seperti yang dilansir oleh The Guardian.

“Untuk membangunkan putri tidur ini adalah sebuah kehormatan dan momen yang luar biasa dalam musik,” tambahnya. Dia mengatakan bahwa pemilik gitar Lennon saat ini, lupa telah memilikinya.

Julien melakukan perjalanan ke Inggris untuk memverifikasi langsung gitar di rumah tempat penyimpanannya, dan juga menyelamatkan case asli gitar yang telah dibuang ke tempat sampah.

| Baca Juga: The Beatles Garap Lagu Baru Pakai Bantuan AI

Dibantu oleh sejarawan Beatles Andy Babiuk dan Danny Bennett, Julien mengatakan dia telah mengonfirmasi keaslian instrumen tersebut. “Sebuah kayu gitar seperti sidik jari karena tidak ada dua gitar yang sama,” katanya.

Gitar dan casing akustik Hootenanny 12 senar Framus milik John Lennon. Foto: Lelang Julien

Tidak hanya serat kayu yang sangat cocok dengan gitar yang dimainkan Lennon dan Harrison, tetapi juga pickguard yang dapat dicocokkan dengan foto. Karena gitar tidak terganggu selama sekitar lima dekade, itu dalam kondisi yang tepat dalam hal estetika seperti ketika John dan George memainkannya.

Ini bukan memorabilia Beatles pertama yang ditemukan kembali. Pada bulan Februari lalu, Sir Paul McCartney dipertemukan kembali dengan gitar bass Hofner 1961-nya, yang dia mainkan pada lagu-lagu seperti Twist And Shout dan She Loves You.

| Baca Juga: BlackPink Kini Sejajar dengan Adele dan The Beatles

Julien’s Auctions sebelumnya telah menjual gitar akustik Lennon lainnya seharga £1,93 juta (38 miliar rupiah), drum kit Ludwig Ringo Starr dibeli seharga £1,77 juta (35 miliar rupiah), dan bass drumhead Ludwig yang digunakan di The Ed Sullivan Show dilelang seharga £1,64 juta (Rp33 miliar).

Gitar Hootenanny akan dilelang bersama dengan casing gitar Maton Australian-made sebagai bagian dari lelang dua hari Julien’s Music Icons pada 29 dan 30 Mei nanti. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here