Posan Tobing Hingga Novita Dewi Bikin Ajang ‘Batak Bernyanyi’

Posan Tobing, Novita Dewi dan Alex Rudiat bersama 14 finalis Batak Bermyanyi. Foto: Nyata/Syukri

Industri musik tanah air terus memberikan kesempatan, bagi anak-anak muda yang memiliki talenta bermusik, untuk mengembankan diri. Seperti halnya yang dilakukan musisi Posan Tobing dan rekan-rekan musisi lain, dengan menggelar ajang pencarian bakat ‘Batak Bernyanyi’.

Mantan drummer grup musik Kotak itu mengatakan, bahwa ia bersama dengan Novita Dewi, Alex Rudiart, dan Daud Kristian sudah melakukan proses audisi secara daring, yang diikuti oleh ribuan peserta. Hingga akhirnya, mereka memilih 14 peserta yang masuk ke dalam babak Spektakuler Show.

“Kenapa adakan Batak Bernyanyi, bukan rasis ya, tapi kami sangat merindukan talenta bersuara emas dari tanah Batak,” ucap Posan Tobing dalam jumpa persnya di Venov Songket Citra Grand Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/4/2024).

| Baca Juga: Personelnya Nikah, Maliq & D’Essentials Viralin Lagu Kita Bikin Romantis

Pemilik nama lengkap Haposan Haryanto Tobing menceritakan, ajang pencarian bakat ‘Batak Bernyanyi’ berangkat dari keresahannya saat datang ke Sumatera. Dimana banyak sekali warga sana yang punya kemampuan menyanyi, namun tidak memiliki wadah untuk menunjukan bakatnya.

“Suka nyesek lho, kalo ke warung atau lapo aja, itu yang nyanyi suaranya bagus -bagus. Kita menyadari juga kok, ini agak segmented. Makanya kami di sini menyiapkan panggung untuk mereka yang menyanyi lagu daerah Batak. Kita cari baik dari offline maupun online itu banyak banget. Ada ribuan. Kalo dipresentase, 70 persen mereka bisa nyanyi. Begitu kita lihat penyanyi daerah ini, seharusnya bisa nasional,” ujar Posan Tobing.

Foto: Nyata/Syukri

Posan bersama kawan-kawas ingin memberikan wadah buat junior. “Kalau di tanah Jawa ada Denny Cakna, Happy Asmara, kami ingin sekali penyanyi Batak ini bisa menasional bahkan go internasional,” kata Posan Tobing.

Posan mengakui, banyak proses yang dilakukan dalam menjaring peserta. Bahkan ia harus ke Batam hingga Bali, dan prosesnya tidak singkat. Yang lebih penting adalah tidak ada peserta titipan.

| Baca Juga: Arsy Widianto dan Tiara Andini Rilis EP ArTi Semestinya Cinta

Novita Dewi yang karirnya melambung setelah mengikuti X Faktor Indonesia menyampaikan, industri musik memiliki banyak penyanyi dari beragam suku dan bangsa. Akan tetapi, ajang ‘Batak Bernyanyi’ bukan dibuat untuk mencari saingan.

Diakui Novita,saat ini banyak ajang pencarian bakat di Indonesia yang menarik perhatian. “Jadi Batak Bernyanyi, visi misi nggak bersaing, tapi membangkitkan potensi-potensi masuk ke kancah nasional,” tuturnya.

Saat ini seluruh peserta sedang menjalani pembekalan, agar kemampuan bernyanyinya bertambah. Putri musisi Jack Marpaung (alm) itu juga bertanggung jawab, untuk mengembangkan kemampuan para peserta Batak Bernyanyi diluar menyanyi.

“Kami juga akan mencarikan kesempatan kearah model atau bintang film, kami akan memberikan bekal buat potensi mereka, rekaman pasti. Kita bersyukur Batak Bernyanyinya bisa membuka peluang buat para peserta, yang sudah putus asa gak mungkin bisa mendapatkan tempat di industri,” jelas Novita.

| Baca Juga: Noah Vakum, Ariel Coba Karir Sebagai MC di Bulan Ramadan

Dari seleksi yang dilakukan, terpilih 14 peserta untuk masuk dalam babak Spektakuler yang digelar di Smart Bar pada 14  Maret 2024. Novita menegaskan, bahwa Batak Bernyanyi ini akan mengedepankan lagu-lagu Batak.

“Kenapa lagu Batak, karena tingkat kesulitannya itu sangat susah, dibandingkan lagu-lagu di Industri ini. Kalau mereka bisa menyanyikan lagu Batak, berarti mereka bisa menyanyikan semua lagu,” ungkap Novita Dewi.

Posan Tobing mengatakan, bahwa kemungkinan besar nantinya semua peserta akan diorbitkan olehnya, untuk bisa meramaikan industri musik Indonesia. Posan menjanjikan untuk pemenang satu, dua, tiga, akan mendapat kesempatan diorbitkan hingga rekaman. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here