9 Rekomendasi Lagu BTS yang Angkat Isu Kesehatan Mental

Foto: Dok. Pinterest

Menjadi boy grup yang memiliki banyak fans dari seluruh dunia, membuat BTS menjadi salah tokoh yang berpengaruh saat ini. Hebatnya, mereka dikenal dengan karyanya yang spektakuler dan out of the box.

Beberapa lagu BTS bahkan ada yang mengangkat isu kesehatan mental. Apa saja? scroll this out!

1. Answer: Love Myself

Answer: Love Myself merupakan salah satu lagu dari album terakhir, Love Yourself series yang dirilis BTS di tahun 2018. Dalam lirik lagu Answer: Love Myself, mendorong kita untuk bisa menerima masa lalu dan menentukan langkah ke depan.

Liriknya memberikan pembelajaran dan juga pemahaman yang dibutuhkan, untuk menjadi versi terbaik bagi diri kita, dan akibatnya akan berpengaruh baik terhadap orang lain.

Secara garis besar, lagu Answer: Love Myself ini mengajarkan para pendengarnya untuk dapat berdamai dengan dirinya sendiri, sehingga perasaan untuk mencintai dirinya sendiri muncul seiring dengan proses perdamaian yang mereka lakukan.

Baca Juga: Lagu Taylor Swift, Billie Eilish Hingga BTS Terancam Hilang dari TikTok

2. The Last

Lagu ini masuk ke dalam album mixtape Suga, Agust D. The Last memiliki cerita tersendiri melalui lirik yang disampaikan. Lagu ini menceritakan perjuangan Suga melawan depresi, termasuk OCD (Obsessive compulsive disorder) dan sosiofobia.

Tak hanya itu, The Last juga menggambarkan berbagai emosi kesedihan, kemarahan, dan berbagai macam pergulatan batin yang harus dilaluinya, sebelum akhirnya sukses seperti sekarang.

Inti dari lagu ini ialah, meski hidup penuh dengan pengalaman pahit, tetapi kita harus berpegang pada harapan dan masa depan yang lebih indah.

3. Tomorrow

Lagu Tomorrow rilis pada 12 Februari 2014, dan masuk dalam album Skool Luv Affair. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang punya berat setiap harinya, yang membuatnya harus berusaha keras untuk hidup. Lagu ini mengungkapkan rasa frustasi dan betapa melelahkannya dalam posisi tersebut.

Pada lagu Tomorrow ini, BTS menyampaikan bahwa jangan terlalu jauh berpikir. Pikirkan saja besok harus bagaimana, dan tetaplah meraih mimpimu.

Walaupun mimpimu itu hancur berkeping-keping, tetaplah maju dan lihatlah masa depan, dan lupakan yang sudah terlewat.

4. Life Goes On

Lagu life goes on adalah salah satu lagu yang masuk ke dalam album Be, yang rilis pada tahun 2020. Dalam lagu ini, BTS menyampaikan pesan penting tentang menerima perubahan dalam hidup, serta mengatasi rasa kehilangan.

Selain itu, lirik lagu ini juga mengatakan bagaimana hidup terus berjalan, meski kita mengalami masa-masa sulit dan perubahan yang tak terduga.

Walau lagu ini menggambarkan tentang kesedihan, BTS juga mengajak para pendengarnya untuk selalu mencari harapan di tengah kegelapan.

5. Intro: Persona

Lagu Intro: Persona merupakan salah satu lagu dari album BTS dengan tajuk Map of The Soul: Persona, yang dirilis pada tanggal 12 April 2019 silam.

Lagu yang dibuat oleh RM BTS ini, mempunyai arti berusaha memahami tentang, ‘Siapa aku?’.  Dalam lagu ini, diceritakan tentang proses pencarian jati diri.

RM membawakan lagu ini dengan penuh rasa percaya diri, yang seolah-olah menunjukkan bahwa dia bersungguh-sungguh untuk mencari karakter asli dirinya.

6. Stay Alive

Stay Alive merupakan lagu yang menjadi soundtrack webtoon dan novel web asli BTS berjudul 7 Fates: Chakho. Lagu ini dinyanyikan oleh Jeon Jungkook, dan di produseri langsung oleh Min Yoongi.

Lagu ini bercerita tentang keinginan yang kuat dari seseorang untuk terus hidup, walau ia selalu mendapatkan takdir yang kurang baik. Lagu ini merepresentasikan sebuah keinginan untuk terus bertahan, dan selalu bersyukur akan setiap takdir yang datang.

Baca Juga: Lagu Taylor Swift, Billie Eilish Hingga BTS Terancam Hilang dari TikTok

7. I’m Fine

Lagu I’m Fine dirilis pada 24 Agustus 2018. Lagu ini masuk ke dalam album BTS bertajuk Love Yourself: Answer.

I’m Fine mengajarkan kita untuk percaya bahwa semua akan baik-baik saja, meskipun jalan yang harus kita lalui untuk menggapai impian itu terjal dan gelap.

Melalui lagu ini, BTS seakan ingin meyakinkan kepada para pendengarnya, bahwa mereka pasti bisa berjalan sendiri, dan melangkah kedepan untuk menggapai impian.

8. Magic Shop

Single Magic Shop termasuk salah satu trek dalam album Love Yourself: Tear. Lagu ini diadaptasi dari memoar ahli bedah saraf Amerika, James Doty yang berjudul Into the Magic Shop.

Magic Shop membawa tema tentang kesehatan mental. Lagu ini membawa pesan, bahwa ketika kita membenci diri sendiri dan ingin menghilang dari dunia, sebenarnya diri kita sendirilah tempat berlindung dan tempat penyembuhan dari semua emosi negatif yang ada.

9. Suga’s Interlude

SUGA’s Interlude merupakan lagu kolaborasi antara Halsey dan Suga BTS, yang rilis pada 6 Desember 2019.

Lagu ini bercerita bagaimana Suga harus memilih antara ‘memiliki waktu dan melepaskan waktu’.

Lagu tersebut menggambarkan tentang ketidaknyamanannya akan masa depan, dan tentang mimpi Suga yang belum tercapai.

Itu tadi 9 lagu BTS yang mengangkat isu kesehatan mental. Adakah lagu favoritmu? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here