Lagu Taylor Swift, Billie Eilish Hingga BTS Terancam Hilang dari TikTok

Foto: Dok. GettyImages

Lagu-lagu Taylor Swift, Lady Gaga, Drake, Billie Eilish, BTS dan musisi lainnya, akan segera menghilang dari TikTok. Hal ini berkaitan dengan keputusan Universal Music Group (UMG), yang tiba-tiba menarik koleksi lagu artis mereka dari platform tersebut.

TikTok dan UMG gagal mencapai kesepakatan atas lisensi untuk katalog lagu mereka. Label musik Taylor Swift ini mengumumkan langkah tersebut dalam surat terbuka, yang mengatakan, “Mengapa kita harus berhenti menggunakan TikTok.”

Dalam kontrak yang baru, UMG meminta perlindungan khusus untuk karya-karya artis mereka.

“Dalam diskusi pembaruan kontrak kami, kami telah menekankan pada tiga masalah penting, yaitu kompensasi yang sesuai untuk artis dan penulis lagu kami, melindungi artis dari efek bahaya AI, dan keamanan online untuk pengguna TikTok,” kata surat terbuka itu.

Baca Juga: Taylor Swift Pamer Gelang Berlian Pemberian Travis Kelce

Poin paling memberatkan ialah, pihak TikTok ingin membayar karya Taylor Swift, Billie Eilish, BTS dan artis UMG lainnya, dengan harga yang lebih rendah dari biasanya.

TikTok mengusulkan untuk membayar artis dan penulis lagu kami dengan harga yang lebih rendah, dari harga yang dibayarkan oleh platform sosmed besar lainnya. Pada akhirnya TikTok mencoba membangun bisnis berbasis musik, tanpa membayar nilai yang adil untuk musik tersebut,” lanjut surat tersebut.

Sehubungan dengan teknologi AI, UMG sangat menyayangkan bila TikTok mengizinkan kecerdasan buatan itu beredar luas tak terkendali dalam platform-nya.

TikTok membiarkan platform dibanjiri dengan rekaman yang dihasilkan oleh AI. Mengembangkan alat itu memungkinkan untuk mempromosikan, dan mendorong pembuatan musik AI di platform itu sendiri,” jelas UMG.

Keputusan ini muncul beberapa hari sebelum digelarnya Grammy Awards 2024. Setelahnya, para pengguna TikTok tak akan bisa menggunakan lagu-lagu dari musisi papan atas dari label musik tersebut.

“Kami menyadari tantangan yang akan ditimbulkan oleh tindakan TikTok, dan tidak meremehkan apa yang akan terjadi pada artis kami dan para penggemar mereka,” tutup mereka.

Baca Juga: Taylor Swift dan Travis Kelce Ciuman di Tengah Lapangan

Pihak TikTok pun akhirnya menanggapi surat terbuka UMG. Dalam pengumumannya itu, mereka meluapkan kekecewaannya pada UMG. Mereka mengklaim bila label musik ini mencari keuntungan sendiri, dan tak mempedulikan musisi dan hasil karyanya yang telah dicintai banyak orang.

“Sangat menyedihkan dan mengecewakan bahwa Universal Music Group telah menempatkan keserakahan mereka sendiri di atas kepentingan artis dan penulis lagu mereka. Jelas, tindakan Universal yang mementingkan diri sendiri tidak sesuai dengan kepentingan artis, penulis lagu, dan penggemar,” bunyi pernyataan pihak TikTok. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here