“Tubuh Bayiku Membatu”

bayi-membatu
Foto: Dok. Pri

Wajah Alexandria Robins terlihat lelah. Matanya sembab dengan lingkaran hitam yang jelas di sekelilingnya. Penampilan wanita asal Hemel Hempstead, Inggris itu, menggambarkan dengan jelas betapa berat dan stressful hari-hari yang dia jalani.

Ya wanita yang akrab disapa Alex itu memang sedang memikirkan anak ke duanya, Lexi Robins (11 bulan). Dia tak kuasa menghadapi
kenyataan andai putri kesayangannya itu benar-benar jadi batu.

Lexi divonis menderita kelainan genetik sangat langka Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP). Kelainan itu menyebabkan otot dan jaringan ikat seperti tendon dan ligamen bayi yang lahir pada 31 Januari 2021 itu berubah jadi tulang secara bertahap.

Kondisi itu dapat menyebabkan pembentukan tulang di luar kerangka, sehingga membatasi gerakannya. Dan sering disamakan dengan tubuh yang membatu. Kelainan itu terjadi pada satu dari dua juta orang di dunia.

Lantas bagaimana perjuangan Alexandria dan suami saat merawat Lexi? Apa tanda-tanda yang ditunjukkan oleh penderita Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP)? Baca ulasan selengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2627, terbit 25 November 2021. Dapatkan Tabloid Nyata di:

Surabaya:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Official

Jakarta:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Jakarta

Untuk berlangganan: 082131583223
Happy Reading

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here