Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Ngaku Dipaksa Telanjang, Dihina Hingga Disuruh Operasi Plastik

Foto: Dok. Instagram/YouTube Deddy Corbuzier

Satu persatu para finalis Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 berani speak-up tentang pengalaman mereka selama mengikuti proses audisi. Belakangan ini, MUID menjadi perbincangan hangat netizen karena terlibat beberapa kontroversi, salah satunya dugaan tentang body checking yang menjurus ke arah pelecehan seksual.

Salah satu peserta MUID berinisial L hadir dalam podcast YouTube Deddy Corbuzier. Wanita yang memakai topeng itu kemudian mengungkapkan apa yang dialaminya sebelum puncak acara digelar. Persis seperti yang diberitakan media selama ini, ia juga dipaksa untuk melakukan body checking dalam keadaan telanjang. Tak sampai di situ saja, bahkan para finalis kerap mendapatkan komentar body shamming saat pemeriksaan.

“H-2 grandfinal lagi hectic, kemudian finalis satu persatu diminta melakukan fitting gaun final. Miss Universitas masuk TV nasional jadi setiap gaun harus lolos sensor sehingga banyak terjadi perombakan,” ungkap L dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Setelahnya, L kemudian diminta penyelenggara untuk melakukan fitting gaun dalam sebuah bilik. Tak disangka, ternyata dalam bilik itu terdapat enam orang, empat wanita dan dua laki-laki. Mereka semua sebagai Chief Operating Officer (COO) yang bertugas untuk melakukan pengawasan proses body checking tersebut.

|Baca Juga: Ajang Miss Universe Indonesia 2023 Penuh Kontroversi, Poppy Capella Akhirnya Buka Suara

Foto: Dok. Instagram

Tak basa-basi, L yang baru masuk bilik langsung disuruh untuk melepaskan seluruh pakaiannya oleh salah satu COO. L kemudian melakukannya dengan terpaksa, sebab COO yang menyuruhnya ini memang terkenal galak. Sehingga ia takut bila menolaknya.

“Begitu saya masuk salah COO ini (cewek) berkata, ‘undress your self (buka semua baju)’. Dia terkenal galak, jadi semua finalis segan,” imbuh L.

|Baca Juga: Ada Dugaan Suap Hingga Body Checking, Berikut Sederet Kontroversi Ajang Miss Universe Indonesia 2023

Dalam pengakuannya, L yang tengah melakukan body checking itu mendengar beberapa komentar jahat sang COO kepada beberapa finalis. Tak hanya dia saja yang kena, tapi juga teman-temannya yang lain, bahkan sampai disuruh untuk lakukan operasi plastik.

“Ada yang lebih parah, salah satu dibilangin ‘kamu tahu enggak, badan kamu sekurus ini kamu nggak kan menang’, disuruh operasi,” jelasnya.

“Kamu harus operasi atas (payudara), operasi bawah (bokong). Sampai ada hal-hal yang sangat pribadi yang disampaikan ke wanita ini,” tambahnya lagi.

L sendiri mendapatkan komentar yang menurutnya juga keterlaluan. COO itu sempat mengomentari bagaian bawah tubuh L yang dirasa jelek karena ada stretch mark.

“Saya memiliki beberapa stretch mark, dibilang ‘bagian atas bening banget, sayang bagian bawah buduk, ugly‘. Terus dari situ saya nyeletuk its genetic,” papar L.

Atas kontroversi itu, Poppy Capella sebagai National Director dan Owner dari Miss Universe Indonesia akhirnya angkat bicara. Ia menyampaikan melalui Instagramnya bila pihak Miss Universe Indonesia 2023 kini tengah menyelidiki masalah yang tengah terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here