Hebat! Rossa Rilis Single Pertama Berbahasa Korea

rossa-lagu-korea-hati-yang-kau-sakiti-versi
Foto: Agnes/Nyata

Rossa resmi meluncurkan single berbahasa Korea berjudul Sangcheo Badeun Maeum. Ini merupakan versi Korea dari lagu Hati yang Kau Sakiti yang telah dirilis oleh Rossa pada 2009.

Lagu ciptaan Enda Ungu tersebut kemudian menjadi original soundtrack  sejumlah sinetron di Indosiar yang bertema orang ketiga. Mengikuti kesuksesan sinetronnya, lagu ini kembali booming, meski sudah lama dirilis.

Dari sinilah awal mula pembuatan lagu versi korea Hati yang Kau Sakiti dimulai. Apalagi kebetulan drama Korea The World of the Married kala itu booming dan menjadi salah satu drakor kesukaan Rossa.

“Aku suka sama drakor itu, setiap minggu pasti nonton. Sambil nunggu final episodenya, aku iseng telepon sahabat di Korea namanya Vita. AKu minta bantuan dia untuk mengalih bahasakan lagu Hati yang Kau Sakiti ke dalam bahasa Korea. Enggak lama, dia langsung kasih lirik lagu itu dalam bahasa Korea,” kata Rossa saat jumpa media di Jakarta, Jumat (14/8).

Diakui Rossa, tak mudah bernyanyi dengan bahasa Korea. Meskipun ia sudah belajar bahasa Korea enam bulan secara private. Dia harus banyak berlatih agar tak ada salah pengucapan.

“Bacanya juga susah jadi memang ada perbedaan kadang-kadang ‘El’ kadang ‘Er’. Jadi itu cukup sulit. Saat rekaman aku dibantu menjaga pronounce-nya oleh teman, asli Korea yang tinggal di Indonesia. Supaya pengucapanan aku benar,” ujar penyanyi asal Sumedang ini.

Baca juga: Lagunya Jadi Perbincangan di Korea, Rossa Malah Minta Maaf

Sebelum rekaman versi studio, beberapa bulan lalu Rossa juga telah merekam lagu ini secara iseng, yang kemudian diunggah di YouTube. Tak disangka responsnya sangat bagus.

“Sebelum rekaman yang proper, aku rekam sendiri, santai banget sambil leyeh-leyeh gitu dibantu salah seorang tim aku. Terus untuk mixing-nya dilakukan Mas Dandy Lasahido. Alhamdulillah, yang awalnya iseng-iseng malah banyak di tonton di YouTube. Dari situlah, aku mikir, yuk ah rekaman yang benar,” cerita Rossa lagi.

Proses rekaman Sangcheo Badeun Maeum sangat panjang dan tidak mudah. Ia membutuhkan waktu take vocal yang lebih lama dari biasanya. Jika biasanya hanya membutuhkan waktu 1 atau 2 jam selesai, untuk lagu tersebut sampai 5 jam.

Baca juga: Semangati Lulusan Tahun 2020, 8 Seleb Ini Bagikan Potret saat Wisuda

Lirik Hati yang Kau Sakiti juga tidak dialihbahasakan secara harafiah. Melainkan disesuaikan dengan tata bahasa Korea dengan makna yang tak jauh berbeda. Untuk menghayati Sangcheo Badeun Maeum, Rossa juga belajar memahami liriknya yang telah dialihbahasakan.

“Contohnya di bagian refren-nya, kalimat ‘ku menangis membayangkan’ kalau di versi Koreanya dialihbahasakan yang artinya ‘air mata yang berjatuhan di pipi’. Tapi inti atau makna dari lagu tersebut masih sama kok,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here