Lagu ‘Keke Bukan Boneka’ Hilang dari YouTube, Rinni ‘Idol’ Beri Klarifikasi

rinni-dan-kekeyi
Foto: Dok. Instagram Rini Wulandari/Net

Lagu milik Rahmawati Kekeyi Putri Cantika alias Kekeyi yang berjudul Keke Bukan Boneka, di-take down oleh YouTube, Jumat (5/6) ini. Pasalnya, lagu tersebut dinilai telah melanggar hak cipta.

Dalam video single Kekeyi yang sudah dihapus itu, tertulis ‘copyright claim by Rinni Idol-Aku Bukan Boneka‘. Tahu nama Rinni tertera dalam keterangan itu, warganet langsung ngamuk dan menuding Rinni keterlaluan.

“Keke bukan boneka kena copyright,, iri bilang boss 🤣,” tulis @nezchr. “Lagu keke kok ilang,katanya hak ciptany mirip lagu kk…pdhl viewsny dh bnyk,kasihan kleee..padahal masih mau nnton,” kata @irsyad_ayubbi7.

|Baca juga: 4 Fakta di Balik Single ’Keke Bukan Boneka’ yang Jadi Trending YouTube

Tak mau terus menerus disalahkan, Rinni pun cepat-cepat melakukan klarifikasi melalui akun Instagram-nya. “Halo semuanya! Ada yang harus diluruskan nih karena membludaknya komentar di postingan social media aku,” ujar Rinni, Jumat (5/6).

Menurut Rinni, hilangnya Keke Bukan Boneka di YouTube bukanlah atas kemauannya. Pihak label dan pencipta Aku Bukan Boneka yang memproses semuanya, karena masalah hak cipta.

“Terkait dengan di take down-nya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka yang dimana Sony Music sekarang bukan lagi label aku,” tulisnya.

|Baca juga: 5 Artis yang Cover Lagu ‘Keke Bukan Boneka’, Siapa Paling Keren?

Soal namanya yang tercantum, Rinni menjelaskan jika itu sudah prosedur dari pihak YouTube-nya. “Nah video yang kena takedown sama Youtube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi nama aku beserta judul lagunya tercantum di situ,” kata Rinni.

Rinni pun berharap semua penggemar Kekeyi tak salah paham dengan adanya kebijakan itu. “Semoga teman-teman bisa paham sama apa yang terjadi saat ini. Semoga teman-teman sehat dan bahagia selalu. Love, Rinni Wulandari,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, belum lama ini Kekeyi merilis single perdananya yang berjudul Keke Bukan Boneka. Lagu yang diklaim sebagai ciptakan Kekeyi itu langsung jadi trending pertama di YouTube. Hanya dalam lima hari, video Keke Bukan Boneka sudah ditonton 17 juta kali. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here