Kaya Nutrisi, 9 Kulit Buah dan Sayur Ini Bisa Dimakan Lho!

kulit buah bisa dimakan dikonsumsi
Foto: Live Strong/Adexvo/Super Abril

Terkadang saat makan buah atau sayur, kita akan repot-repot terlebih dahulu untuk membuang kulitnya. Sayangnya, kulit buah dan sayur yang kamu buang, ternyata sarat akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, lho! Ada beberapa kulit buah dan sayur yang ternyata bisa dimakan!

Mau tahu apa saja nutrisi serta manfaat kulit buah dan sayur yang seringkali kita abaikan? Yuk, simak info yang dilansir dari Stack dan Berkeley Wellness berikut ini.

1Apel

Foto: Nutra Ingredients USA

Buah apel ternyata memiliki kulit yang sarat akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, serta potassium. Selain itu, juga mengandung vitamin K seperti dalam sayuran hijau, yang akan membantu melancarkan peredaran darah, serta mengaktifkan protein di tubuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel, serta perawatan tulang.

2Kulit Buah Semangka Bisa Dimakan

Foto: livestrong.com

Semua buah semangka mengandung citruline, antioksidan yang berubah menjadi zat aginine, asam amino yang bermanfaat untuk jantung dan sistem kekebalan tubuh. Memakan kulit buah semangka, mungkin terkesan aneh. Tetapi jika ingin mencoba, maka kulit buah semangka bisa juga dijadikan acar, atau bisa juga diblender bersama daging buah yang kemudian diberi perasan lemon.

3Kulit Buah Citrus (Jeruk, Lemon, Jeruk Nipis) Bisa Dimakan

Foto: pepsieliot.com

Kulit jeruk, lemon, jeruk nipis, ternyata memiliki dua kali lipat vitamin C daripada daging buahnya. Selain itu, juga mengandung zat riboflavin, kalsium, magnesium, potassium, dan vitamin B6 yang tinggi. Jika tidak ingin makan kulit buah jeruk mentah-mentah, bisa juga disiasati dengan diparut, sebagai topping salad.

Baca juga: Waspadai Kulit Kering dan Kusam saat Pandemi COVID-19!

4Kentang

Foto: parade.com

Kulit kentang memiliki banyak nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, zat besi, kalsium, potasssium, dan magnesium. Untuk umbi-umbian lain seperti ubi jalar, ternyata kulitnya memiliki kandungan beta-carotene yang berubah menjadi vitamin A saat dicerna.

5Timun

Foto: Tiabeth

Kulit timun yang berwarna hijau mengandung antioksidan dan potassium. Selain itu, kulit timun ternyata juga mengandung vitamin K, lho!

6Terung

Foto: jarofvanilla.com

Kulit ungu terung ternyata berasal dari antioksidan bernama zat nasunin, yaitu zat antioksidan yang kuat dan dapat membantu mencegah perkembangan kanker, terutama di otak dan sistem syaraf. Nasunin juga dipercaya memiliki manfaat untuk anti-aging.

7Wortel

Foto: parade.com

Warna kulit wortel yang juga oranye, ternyata memiliki manfaat yang tak jauh beda dengan isinya. Namun, zat phytonutrients yang tinggi, ditemukan pada kulit wortel tersbut.

8Mangga

Foto: today.com

Peneliti dari Amerika Serikat, bahwa kulit mangga memiliki zat yang hampir sama dengan resveratlor, yaitu zat yang membantu pembakaran lemak, serta menghambat sel-sel lemak. Kulit mangga juga mengandung zat carotenoids yang besar, zat polifenol, omega-3, omega-6, dan lemak tak jenuh, daripada daging buahnya.

9Kulit Buah Pisang Bisa Dimakan

Kulit buah pisang ternyata bisa dimakan. Foto: loveurbelly.com

Kulit pisang mengandung zat lutein, yaitu antioksidan yang sangat kuat dan berpengaruh untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, terdapat juga asam amino trytophan yang dipercaya dapat membantu meredakan depresi, karena menambah level serotonin pada tubuh. Serotonin sendiri adalah syaraf pada otak yang berdampak pada mood.

Mungkin terdengar aneh pada awalnya. Namun, olahan kulit pisang bisa berupa di-blender bersama dengan isi pisang, atau bisa juga dikeringkan, lalu dijadikan teh.

 

Tertarik mencoba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here