‘Upin & Ipin: Keris Siamang Tunggal’ Adopsi Kekayaan Budaya Nusantara

0
113
Upin Ipin The Movie
Foto: Istimewa

Karakter Upin Ipin memang sangat dicintai oleh anak-anak Indonesia. Selain lucu, Upin Ipin kerap mengangkat tema yang dekat dengan masyarakat.

Dalam film Upin & Ipin: Keris Siamang Tunggal (2019) ini, tema sederhana kembali diangkat. Bukan sekedar cerita petualangan si kembar, film ini juga menceritakan cerita rakyat Keris Siamang Tunggal. Di mana menampilkan dua cerita, yakni Bawang Merah Bawang Putih dan Malin Kundang.

Baca juga: Kehidupan Meghan Markle di Frogmore Cottage Jauh dari Ekspektasi

Dua cerita rakyat tersebut memang familiar bagi masyarakat Indonesia. Meski tak banyak muncul, namun keduanya berkaitan dengan Keris Siamang Tunggal, pusaka yang digunakan Upin Ipin untuk menyelamatkan Kerajaan Inderaloka.

“Kita punya kemiripan dalam hal cerita (dengan Malaysia). Sama-sama punya cerita Bawang Merah Bawang Putih, cerita Malin Kundang dan mungkin beberapa cerita rakyat lainnya. Tentu dengan versi yang berbeda,” ujar Titan Hermawan, Managing Director MNCP kepada wartawan.

Baca juga: Isi Surat Hamish Daud Untuk Putrinya 20 Tahun Lagi

Menurut Syed Nurfaiz Khalid, sutradara Upin & Ipin: Keris Siamang Tunggal, masuknya unsur cerita rakyat yang dikenal di Tanah Air itu, hanya merupakan bagian dari pelengkap cerita fantasi petualangan Upin dan Ipin.

“Ini cerita fantasi dengan memasukkan unsur-unsur cerita yang ada di Nusantara, seperti cerita Malin Kundang, versi Malaysia-nya adalah Si Tanggang. Cerita Bawang Merah Bawang Putih, hanya saja untuk versi ini yang baik justru Bawang Merahnya. Jadi ini benar-benar cerita rekaan, fantasi dan bukan cerita yang menitikberatkan sisi legendanya,” ujar Syed Nurfaiz Khalid.

Upin Ipin The Movie
Foto: Istimewa

Tak hanya dari segi cerita yang memikat saja, film Upin Ipin ini juga sarat dengan nilai-nilai positif. Menurut Chandra Sapta Surya, Promo and Strategic Planner Division Head MNCP, pesan yang disampaikan dalam film ini sangat bagus bagi keluarga Indonesia.

“Pesan yang akan disampaikan dalam Upin Ipin The Movie sangatlah positif, tentang pentingnya saling memaafkan. Di mana digambarkan dalam cerita tersebut, semakin kita memaafkan, semakin utuh pula kekuatan Keris Siamang Tunggal,” ujar Chandra. (*)