8 Selebriti Dunia yang Sudah Pergi Haji dan Umroh. Dari Shah Rukh Khan Hingga Dj Khaled

Foto: Dok. Indiatimes/Imdb

Ibadah haji merupakan rukun islam kelima dan merupakan ibadah keempat setelah shalat, puasa Ramadan, dan Ibadah Zakat. Menurut istilah syariat Islam, dilansir dari website UIN Alaudin, haji artinya menyengaja untuk mengunjungi Ka’bah di Mekah untuk melakukan rangkaian amal ibadah menurut rukun dan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syara’.

Ibadah Haji hukumnya wajib bagi umat Muslim yang memenuhi syaratnya, seperti beragama Islam, berakal, dewasa, merdeka dan mampu melaksanakannya. Oleh sebabnya Umat Muslim berbondong-bondong untuk segera melaksanakannya, tak hanya masyarakat umum saja, tapi para artis juga turut menjalankan ibadah Haji. Nyata telah merangkum beberapa selebriti dunia yang telah menjalankan Haji. Berikut ulasannya:

  1. Aamir Khan

Salah satu aktor ternama India, Aamir Khan, telah menjalani ibadah haji pada 19 Oktober 2012 bersama ibunya, Zeenat Hussain. Dilansir dari Hindustan Times, haji yang dilakukan Aamir waktu itu mendapat atensi publik. Meski ia adalah bintang besar, selama ibadah ia tak pernah lepas merawat sang ibunda. Ia terlihat mendorong kursi roda Zeenat di kota Mekkah.

Sebagai selebriti dunia, Aamir banyak mendapat pujian publik, karena ia masih menyempatkan diri untuk ibadah haji di tengah kesibukannya yang padat. Waktu itu ia tengah gencar mempromosikan film terbarunya bertajuk Taalash: the Answer Lies Within.

  1. Shah Rukh Khan
Foto: Dok. Net

Mega bintang Bollywood lainnya yang telah melangkahkan kaki di Tanah Suci ialah Shah Rukh Khan. Bukan haji, Shah Rukh Khan telah menunaikan ibadah umroh setelah menjalani syuting film terbarunya di Arab Saudi bertajuk Dunki.

Keputusannya ini cukup buat heboh mengingat ia pernah mengaku masih belum pantas menunaikan ibadah umroh haji. Namun, aktor 57 tahun itu akhirnya melaksanakan ibadah umroh meski tanpa didampingi keluarga.

|Baca Juga: Salman Khan Jadi Target Pembunuhan, Rumah Dijaga Ketat Polisi

  1. DJ Khaled dan Mike Tyson

DJ Khaled membagikan momen ibdah umrohnya bersama Mike Tyson pada Desember 2022 lalu. Pria bernama lengkap Khaled Mohammaed Khlaed itu telah menjalankan ibadah umroh sebanyak dua kali. Dan ia sangat bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk berdoa dan melihat Ka’bah di tanah suci.

Sedangkan Mike Tyson sendiri pernah melakukan ibadah haji pada Juli 2010 lalu. Petinju yang mualaf pada tahun 1990-an itu mengaku mengalami banyak perubahan baik setelah masuk Islam. MasyaAllah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here