5 Fakta Syakir Daulay dan ‘Aisyah Istri Rasulullah’ yang Trending

fakta-syakir-daulay
Foto: Dok. Instagram Syakir Daulay

Beberapa waktu belakangan lagu Aisyah Istri Rasulullah mendadak trending. Begitu banyak penyanyi papan atas yang mengcover lagu tersebut, termasuk Nissa Sabyan, Aviwkila dan Syakir Daulay.

Bahkan, video yang dibagikan oleh Syakir Daulay mendapat respon yang begitu luar biasa. Betapa tidak, hanya dalam satu minggu setelah diunggah di YouTube, video tersebut sudah ditonton lebih dari 32 juta kali. 

Meski begitu, belakangan ini Syakir menjadi bahan perbincangan karena tidak menyematkan kata ‘cover’ di unggahannya. Ia malah menuliskan ‘Official Music Video’ pada judulnya.

Sementara penyanyi lain menyematkan kata ‘cover’, karena memang bukan mereka penyanyi aslinya. Bukan hanya itu, masih ada beberapa fakta menarik lainnya tentang Syakir Daulay dan lagu Aisyah Istri Rasulullah. Apa saja? Simak berikut ini!

1. Lagu Gubahan Musisi Malaysia

Versi asli dari lagu ini Aisyah Istri Rasulullah yang dibawakan Syakir Daulay, berjudul Aisyah. Lagu itu awalnya dibawakan oleh band asal Malaysia, Projector band. Lagu Aisyah sendiri diciptakan oleh personil Projector Band, Angah Razif.

Lalu, lagu tersebut digubah menjadi karya bernada religi oleh musisi Hasbi Bin Haji Muh Ali alias Mr Bie. Mr Bie mengunggah videonya ketika menyanyikan lagu tersebut pada Agustus 2017. Mengetahui lagu tersebut trending di Indonesia, Mr Bie pun menyampaikan apresiasinya.

“Dengan viralnya lagu ini, mudah²an anak² kita akan lbh mengenali dan mencintai Aisyah RA, isteri Rasulullah SAW,” tulis Mr Bie di akun YouTube-nya.

2. Siapakah Syakir Daulay?

Video Syakir Daulay saat membawakan lagu Aisyah Istri Rasulullah jadi salah satu yang paling banyak ditonton. Lalu siapakah sosok Syakir Daulay?

Laki-laki kelahiran Bieureun, Aceh, 10 Januari 2002 itu adalah seorang aktor yang dikenal karena membintangi beberapa judul sinetron dan film. Ia mengawali kariernya di dunia peran pada tahun 2016 dengan bermain sinetron Pangeran 2.

Setelah bermain sinetron, tawaran untuk membintangi film pun mulai berdatangan. Tentu saja ia tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Beberapa judul film pun dimainkannya. Di antaranya Laskar di Tapal Batas (2016), Surga Menanti (2016), dan Lima Penjuru Masjid (2018).

Baca juga: Potret Anak BCL Belajar Mengaji Ini Sukses Curi Perhatian

Sebelum berkarier di dunia peran, Syakir juga dikenal sebagai seorang hafiz. Ia menjadi penghafal Quran dan sering menjuarai MTQ di berbagai daerah. Ia juga seorang santri di Darul Quran, Tangerang, yang merupakan pondok pesantren milik ustad Yusuf Mansyur.

Syakir adalah sosok murid yang patuh dan pendakwah yang baik. Bahkan, ia kerap meminta izin dari orangtua dan guru-gurunya sebelum membintangi sinetron ataupun film.

3. Sudah Membeli Lisensi Lagu Aisyah Istri Rasulullah

aishay istri rasulullah
Foto: Youtube Dunia Manji

Syakir mengatakan pada awalnya ia hanya iseng untuk meng-cover lagu tersebut. Ia memang sudah menyukai karya itu, dan ingin menyampaikan pesan soal Nabi Muhammad kepada publik dengan cara yang menyenangkan, yaitu lewat lagu. Namun, ia tak menyangka kalau videonya jadi trending.

“Karena awal gua memang suka ya sama lagu itu. Dan gua mau menunjukkan ke orang-orang kalau nabi kita itu jauh lebih romantis dari orang-orang barat. Dan gua awalnya iseng aja. Terus jadi trending dan wah ini kalau gak diurus ini berakibatnya bakal fatal dan lainnya. Dan akhirnya kita beli lisensinya. Dan alhamdulillah gua yang pertama yang punya hak cipta dari Universal Malaysia itu,” cerita Syakir kepada Anji Manji. 

Baca juga: Cabut dari Royal Family, Meghan Ngebet Ingin seperti Angelina Jolie

Setelah mendapatkan lisensi tersebut, Syakir dan tim berani menyisipkan ‘Official Music Video’ di unggahannya. Syakir hingga kini pun masih kaget dengan kenaikan jumlah penonton yang bisa mencapai empat juta tiap harinya.

“Iya lho, karena mungkin orang lagi di rumah aja mungkin. Intinya kita nyantumin ‘Official Music Video’ itu setelah kita urus lisensinya. Lisensinya udah deal sama Universal sama publisher-nya juga,” imbuh Syakir.

4. Penuturan Pencipta Lagu Original

Masalah tidak berhenti begitu saja ketika Syakir mengatakan ia telah membeli lisensi lagi Aisyah Istri Rasulullah. Pencipta lagu originalnya, Angah Razif, pun angkat bicara melalui videocall dengan Anji Manji.

Gitaris Projector Band itu mengatakan kalau pihak publisher, Universal Music Publishing Group (UMPG) belum menghubunginya. Bahkan ia merasa karyanya dipermainkan.

“Apa pun pedih yang akan dibuat suka-suka dia satu orang itu. Karena dia infokan dulu baru boleh dilanjut apa yang akan dia buat. Kalau Angah tidak tahu, Angah jadi seperti merasa karya Angah itu dipermainkan, karya Angah tuh seperti dibuat sesuka orang tanpa saya dikasih tahu,” kata Angah kepada Manji.

Angah berharap bisa segera mendapat kejelasan. Karena hingga saat itu, ia tidak mendapat informasi apa pun perkara lisensi lagunya yang katanya sudah dibeli. Bahkan, label musik yang menaunginya saat ini, Media Asia Production juga tidak mendapat info apapun.

“Bagaimana Angah tahu sedemikian, dilanjutkan seperti tiba-tiba katanya ‘Music Video Official’. Bagamana bisa dibilang kamu punya video official artist, kalau di Malaysia ada (versi) music official video. Di Indonesia juga ada music official video (sendiri),” imbuh Angah.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun sang Putri Bareng Faisal Harris, Sarita: Baikan!

Angah mengatakan kalau hal tersebut bisa membuat bingung masyarakat. Ia mengatakan seharusnya video tersebut dilabeli dengan ‘cover’ bukan ‘music video official’.

Tak berhenti sampai di situ saja, Angah juga tidak setuju dengan judul lagu yang diubah dari Aisyah menjadi Aisyah Istri Rasulullah tanpa persetujuan sang komposer asli. 

“Judul diubah, aransemen musik juga dirubah, Angah tidak tahu menahu soal itu,” imbuhnya.

Angah pun menyampaikan seharusnya Syakir Daulay lebih menghormati sang pencipta lagu dan membubuhkan ‘cover’ di unggahannya. Ia pun berharap permasalahan ini cepat selesai.

5. Akhirnya Ditulis Kata ‘Cover’

syakir-daulay-aisyah
Foto: YouTube Syakir Daulay

Kini, Syakir dan tim sudah menghapus ‘Music Video Official’ di unggahannya. Ia pun sudah menggantinya dengan ‘Cover’. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here