Pengalaman Reza Rahardian Jadi Pemandi Jenazah di Film Siksa Kubur

Reza Rahardian jadi pemandi jenazah di Film Siksa Kubur. Foto: Dok. Poplicist
Reza Rahardian jadi pemandi jenazah di Film Siksa Kubur. Foto: Dok. Poplicist

Siksa Kubur menjadi film comeback Reza Rahardian ke genre horor. Aktor 37 tahun ini pernah bermain di film horor Pulau Hantu di awal karir aktingnya pada tahun 2008.

Reza Rahardian mau menerima tawaran bermain film Siksa Kubur, selain karena tawaran langsung sutradaranya, Joko Anwar, tetapi juga karena peran Adil yang menurutnya sangat menantang.

Adil dikisahkan sebagai seorang yang memiliki trauma masa kecil. Kedua orang tuanya tewas akibat korban bom bunuh diri. Ia dan adiknya, Sita lantas di kirim ke sebuah pesantren. Namun di pesantren itu ia mengalamai kejadian buruk yang membuatnya trauma.

Setelah berhasil kabur dari pesantren bersama adiknya, mereka menjalani pekerjaan demi menyambung hidup. Adil bekerja sebagai pemandi jenazah di panti jompo, sementara adiknya bekerja sebagai perawat.

| Baca Juga: 5 Film Horor Religi Indonesia Dijamin Bikin Tak Bisa Tidur

Melakoni peran pemandi jenazah, kata Reza, memang baru pertama kali ia dapat sepanjang karir filmnya yang hampir dua dekade. Apalagi ada adegan dimana ia ‘diganggu’ arwah para jenazah yang pernah ia mandikan.

“Itu salah satu adegan yang paling intens dan emosional. Saya inget banget treatment Bang Joko dimana kamera ngikutin dari awal sampai adegan dengan para jenazah,” jelas Reza saat dijumpai di Gala Premier film Siksa Kubur di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/4/2024).

Pemain film Habibie & Ainun ini lantas menceritakan proses kreatif dibalik adegan itu. Menurutnya, saat masuk ke set lokasi syuting, dia adalah orang terakhir yang dimasukkan ke dalam set itu. Sementara astrada (asisten sutradara) dan kru lain sudah lebih dulu rehearsal.

“Saya hanya boleh dikasih liat di monitor blocking-annya akan seperti ini. Jadi saya lihatnya di playback yang diperankan oleh astradanya. Habis itu pas saya masuk, pintunya ditutup. Pokoknya saya sendirian di dalam situ dan DOP-nya,” kenang Reza Rahadian.

| Baca Juga: Ribut Masalah Rumah Tangga, Ria Ricis Sampai Ditegur Sutradara

Berada sendirian di tempat pemandian jenazah, menurut Reza, memang cukup menyeramkan. Apalagi suasana memang dibuat seram, agar secara psikis si aktor juga ikut terbawa.

“Sebenarnya bukan spooky-nya tapi secara psikis suasananya dibangun itu sebelum saya masuk set. Jadi aktor manapun akan sangat diuntungkan dengan environment seperti itu sih,” terang pemain film ‘My Stupid Boss’ ini.

Sebagai pemandi jenazah, Reza juga belajar memandikan jenazah kepada seorang pemandi jenazah sungguhan. Ia belajar bagaimana prosesi memandikan jenazah, cara menyiramnya dan sebagainya.

“Kalau belajar memandikan jenazah lebih ke teknisnya aja. Belajar cuma sebentar aja karena orang yang ngajarin itu saat kita persiapan ikut dampingi,” papar Reza.

| Baca Juga: Terancam Gagal Tayang, Ini Sinopis Film Kiblat yang Dikritik MUI

Film ‘Siksa Kubur’ dijadwalkan tayang mulai 10 April 2024 di bioskop Indonesia. Film bergenre horor ini akan menjadi film ke-10 karya sutradara Joko Anwar.

Siksa Kubur berkisah tentang bagaimana mengerikannya kondisi di alam kubur saat seseorang disiksa atas perbuatannya semasa di dunia.

Film ini menceritakan kehidupan Sita dan Adil pasca kedua orangtuanya jadi korban bom bunuh diri. Sita jadi tidak percaya agama. Sejak saat itu, tujuan hidup Sita hanya satu. Ia ingin mencari orang yang paling berdosa.

Nantinya saat ketika orang itu meninggal, Sita ingin ikut masuk ke dalam kuburannya untuk membuktikan bahwa siksa kubur tidak ada dan agama tidak nyata. Namun, tentunya ada konsekuensi yang mengerikan bagi mereka yang tak percaya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here