Inspirasi Busana Muslim Nuansa Bunga

Foto: Dok. IST

Bulan Ramadan dan momen Lebaran selalu menjadi musim yang wajib ‘dirayakan’ oleh industri modest fashion, untuk mengeluarkan koleksi barunya yang akan menjadi pilihan busana bagi muslimah dan seluruh keluarga Indonesia.

Dalam gelaran Vanilla Rendezvous 2023 beberapa waktu lalu, diluncurkan koleksi Raya Vanilla 2023 bertema Delarosa. Tema Delarosa memiliki makna Bunga Mawar sebagai simbol keindahan, kecantikan, dan kebahagiaan seseorang, khususnya dalam menyambut momen istimewa umat Muslim, yaitu Ramadan dan Idul Fitri.

Koleksi ini terinspirasi dari kekayaan flora Indonesia dan juga keberagaman etnik Nusantara yang bervariasi dan mewakili keindahan pribadi wanita Indonesia yang khas dengan kelembutan, kuat, dan bersahaja.

“Delarosa identik dengan bunga, di mana Lebaran memang identik dengan yang indah-indah, yang cantik-cantik, dan yang harum-harum. Rose atau mawar termasuk bunga yang pernah disebutkan dalam Al-Quran,” kata Atina Maulina dari Vanilla Hijab di acara Vanilla Rendezvous 2023, intimate gathering baru-baru ini.

|Baca Juga: Industri Fashion Butuh Kolaborasi Kuat dengan Anak Muda Kreatif

Menurut Atina, Koleksi Delarosa terdiri dari 3 seri signature sarimbit, 3 seri capsule collection, dan Vanilla Prive yang menggunakan material cukup bervariasi, mulai dari exclusive printed satin dan organza, brukat chantily, pleats, dan premium brocade.

Kesan feminin juga terlihat dari pilihan motifnya yang didominasi floral. Ia mengatakan, “Motif bahan yang didominasi motif flora dituangkan melalui teknik watercolor, yang pengaplikasiannya cukup rumit, yaitu digital printing di atas kain khusus. sehingga membuat tampilan koleksi ini tampak cantik dan elegan.”

Selain motif bunga, dalam koleksi ini juga dihadirkan motif songket dan handwriting khas Vanilla yang tidak kalah memukau. “Melalui motif bahan tersebut, kami ingin setiap pemakainya merasa istimewa, cantik, dan bahagia,” tutur Atina.

Koleksi Delarosa yang terdiri dari dress ibu, koko ayah, tunik, dress dan koko anak ini menampilkan ragam warna, mulai dari warna lembut seperti pastel yang menjadi ciri khas Vanilla, yaitu dusty pink, misty grey, sage green, biru muda hingga warna-warna bold atau vibrant, seperti biru navy, pink fuschia, dan hijau emerald.

|Baca Juga: Desainer Kursien Karzai Padukan Keindahan Melati dan Batik Kawung di MUFFEST + 2023

Koleksi ini menampilkan gaya yang sangat feminin dengan siluet atau potongan busana yang loose atau jatuh, berlayer atau bertumpuk, dan slim-fit. Detail payet buatan tangan yang cukup rumit pun menjadi daya tarik koleksi ini. Selain itu juga ada teknik pleats, aplikasi lace atau brokat untuk menyempurnakan tampilan koleksi ini.

Keistimewaan koleksi ini terlihat dari pilihan bahan dan teknik pengerjaan yang terkesan lebih rumit. Dalam satu gaun koleksi prive, bahan yang digunakan bisa empat jenis. “Lebih kompleks, ada payet, chantily, renda, dan modelnya lebih ke (gaun) pesta bukan baju sehari-hari,” jelas Atina. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here