Ahmad Dhani Larang Once Mekel Nyanyi Lagu Dewa 19, Ini Alasannya!

Foto: Dok. Kapanlagi.com

Baru-baru ini Ahmad Dhani membuat pengumuman mengejutkan yang menggegerkan publik. Pasalnya dengan didampingi seorang pengacara, musisi kenamaan Indonesia itu melarang Once Mekel untuk menyanyikan lagu-lagu milik Dewa 19. Baik itu secara solo maupun secara grup.

“Saya umumkan saya melarang Once menyanyikan lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini,” kata Ahmad Dhani, Selasa (28/3) lalu, dilansir dari Kapanlagi.com.

Pelarangan ini dilakukan suami Mulan Jameela itu bukan tanpa alasan. Ia kemudian membeberkan atas dasar apa ia melarang mantan anggota band miliknya itu untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Yang ternyata ini dilakukannya sebab band besutannya itu akan melakukan konser seusai lebaran.

“Saya ingin menjaga marwah Dewa 19. Karena setelah lebaran, Dewa 19 akan konser ekslusif satu minggu dua kali sampai Desember 2023,” sambungnya menambahkan.

|Baca Juga:Ahmad Dhani dan Mulan Jameela Tak Karantina Usai dari Turki. Wah Rachel Vennya Baru…

Ahmad Dhani Melarang Once Mekel Nyanyi Lagu Dewa-19, Ungkap Konsekuensi Jika Melanggar. Foto: Dok. detikcom

Dibawakannya lagu-lagu milik Dewa 19 di konser atau panggung lain dinilai Dhani akan mengganggu jalannya konser milik bandnya itu. Sehingga ia pun mengeluarkan larangan ini untuk Once Mekel.

Lebih lanjut, Dhani mengatakan bahwa akan ada konsekuensi hukum yang diterima pelantun Dealova itu bila tetap ngeyel membawakan lagu-lagu milik Dewa 19 saat manggung. Konsekuensinya sendiri termasuk hukum pidana dan perdata karena melanggar Hak Cipta.

“Konsekuensinya tentu ada, baik pidana maupun perdata. Dari pidananya ada di Pasal 113 UU Hak Cipta dan kalau melanggar Pasal 9 ayat 1 C, D, E dan H pidananya 3 tahun dan denda sekitar kurang lebih 500 juta,” tutur Ali Lubis selaku kuasa hukum Ahmad Dhani.

Namun, ternyata Once Mekel sendiri disebutkan bisa mendapat hukuman pidana lebih lama dari yang disebutkan sebelumnya jika melanggar Pasal 9 Ayat 1 A, E, B dan G.

“Itu paling lama 4 tahun,” jelas kuasa hukum Ahmad Dhani lagi, menjelaskan hukuman yang mungkin saja bisa diterima Once bila melanggar.

Namun bukan berarti Once sama sekali tidak boleh membawakan lagu-lagu milik Dewa 19. Dibeberkan Ali Lubis, Once masih tetap bisa membawakan lagu-lagu itu kalau sudah izin terlebih dahulu.

“Ahmad Dhani sudah menyerahkan kuasanya kepada WAMI (Wahana Musik Indonesia) maka harus izin ke WAMI. Royalti itu kan imbalan jasa setelah melakukan pemanfaatan. Tapi kalau enggak ada izin, kena. Jadinya izin dulu keluar, diizinkan baru bayar royalty. Enggak boleh main nyanyi aja,” tegas Ali Lubis lagi.

|Baca Juga:Ahmad Dhani-Mulan Muncul di Indonesian Idol, Maia Estianty Pilih Menghilang

Ahmad Dhani sendiri merasa keputusannya dalam melarang rekannya itu menyanyikan lagu milik Dewa 19 sudah tepat. Apalagi ia adalah ketua dan juga telah banyak menciptakan lagu-lagu milik band tersebut. Menurutnya, keputusannya ini juga dilindungi oleh hukum.

“Menurut Dirjen HAKI, apabila ada sebuah pengumuman dari pencipta lagu, itu merupakan hak dari pencipta,” jelas Ahmad Dhani.

Ia juga tak semerta-merta melarang Once Mekel untuk membawakan seluruh lagunya. Ia hanya melarang rekannya itu untuk tidak membawakan lagunya yang ia ciptakan untuk Dewa 19. Selain itu, Once tetap diperkenankan membawakan lagu ciptaan Dhani.

Larangan ini juga tidak berlaku selamanya. Hanya sampai Ayah dari AL, El, dan Dul itu menyampaikan batas waktu yang ia tentukan lagi.

“Lagu Dhani yang lain, boleh. Yang tidak boleh hanya lagu Dewa 19 sampai batas waktu saya umumkan kembali,” pungkasnya. *via/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here