Catet Nih! Hanya 2 Brand Indonesia yang Diundang Resmi di Paris Fashion Week 2022

paris-fashion-week-2022
Dok. FENDI/ IMAXTREE

Paris Fashion Week (PFW) 2022 yang diadakan Minggu, 28 Februari hingga Selasa, 8 Maret 2022, santer jadi buah bibir masyarakat. Pasalnya beberapa brand Indonesia mengaku-ngaku tampil di perhelatan prestise tersebut, katakanlah MS Glow dan Geprek Bensu.

Faktanya, hanya ada dua brand Indonesia yang berhasil menembus perhelatan fashion yang diprakarsai oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode, yaitu Sean Sheila, perusahaan mode yang memberdayakan kaum disabilitas dan Jewel Rocks Bijoux asal Bali. Kedua brand ini tidak dapat jatah runway, melainkan hanya showroom alias pameran.

Dok. Instagram Sean Sheila

Sean Sheila adalah brand yang ini telah jadi langganan mengikuti pameran di Paris Fashion Week sejak tahun 2017, dan pada tahun 2021 mereka kembali diundang oleh L’Adresse untuk kembali mengikuti acara ini. Bak gayung bersambut Sean Sheila mengiyakan tawaran tersebut sehingga berani mengeluarkan 23 look yang dipamerkan mulai dari 4 – 7 Maret 2022.

Semua karya pamerannya itu terinspirasi dari film Annihilation. Produk-produk karya Sean didedikasikan untuk perempuan. Dia menggunakan kain berkualitas yang dibuat secara konvensional buatan tangan, yang menggabungkan teknik jahit modern dan siluet tradisional.

Dok. Instagram Jewelry Rocks Bijoux

| Baca juga: Brand Lokal Dituding Numpang Pamor dari Paris Fashion Week. Apa Saja?

Sementara Jewel Rocks Bijoux adalah UMKM lokal, Seminyak, Bali yang memproduksi perhiasan handmade. Sama seperti Sean Sheila, mereka juga mendapat slot di tanggal 4 – 7 Maret 2022. Ada 10 desain perhiasan yang ditampilkan di sana dan belum pernah diliris di Indonesia. Mereka berhasil tampil di PFW 2022 berkat program Indonesia Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency.

Diketahui, terungkapnya partisipasi Sean Sheila dan Jewel Rocks Bijoux di Paris Fashion Week 2022 adalah akibat kekesalan seorang pecinta fashion dan pengusaha parfum Alien Objects sempat menyuarakan isi hatinya, sebab baginya MS Glow, Geprek Bensu, Scarlett dan lain-lain telah berani melakukan pembodohan publik. 

Agak sebel sama brand Indonesia yang claim masuk Paris Fashion Week tahun ini (2022). Semua berani claim dan pakai nama Paris Fashion Week tapi gak ada yg berani tag @parisfashionweek,” ungkap Lucky pada Senin, (7/2) lalu.

Informasi missleading ini cukup membodohkan masyarakat sebenarnya. The real Paris Fashion Week hanya ada satu. Yaitu yang diselenggarakan oleh Fédération française de la couture. Jadwal officialnya juga hanya ada satu. Sisanya banyak media dan agency memperjualbelikan slot tayang untuk memasukkan jadwal ‘palsu’ ke kalender asli, mengatasnamakan PFW seolah-olah legit.

Namanya juga sudah Fashion Week, brand non fashion tidak pernah eligible masuk ke Paris Fashion Week. Bukan Beauty Week atau Culinary Week. Di website FHCM juga jelas tertera.

Lucky kembali menegaskan, brand-brand tersebut tidak termasuk bagian dari Paris Fashion Week 2022 dan hanya melakukan show di Paris, di mana waktunya bersamaan dengan PFW yang asli. Kontroversi ini sungguh membuat masyarakat geram dan muak, sebab telah berani mengakal-akali. Bahkan, netizen yang dulunya menghujat Wanda Hamidah, model senior yang lebih dulu bicara tentang kejanggalan ini berbalik membelanya. “Kemarin yg ngatain Wanda Hamidah sirik karena nggak di ajak. (Padahal) Wanda Hamida speak up karena dia ngerti, malah ngatain dia iri 😂,” tulis netizen. *bbs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here