No Way! Ratu Elizabeth II Restui Camilla Si ‘Public Enemy’ Jadi Permaisuri Inggris

ratu elizabeth bersama pangeran charles dan camilla
Dok. Getty Images

Momen menandai 7 dekade Ratu Elizabeth II bertahta telah usai, Minggu (6/2) lalu, dan sesuatu yang mengagetkan terjadi. Wanita nomer satu di Britania Raya itu merestui Camilla Parker Bowles sebagai Permaisuri Inggris, jika anaknya Pangeran Charles naik tahta menjadi Raja Inggris. Hal itu tertera di bagian bawah surat. “Saya tahu, kalian (rakyat Inggris) akan memberinya (Camilla) dan Charles dukungan yang sama yang telah kalian berikan kepada saya,” begitu penggalan isi surat Ratu.

Surat resmi itu menggemparkan publik, pasalnya sampai saat ini nama Camilla masih dibayang-bayangi skandal perselingkuhannya dengan Pangeran Charles saat masih bersama Diana. Apa yang diupayakan Pangeran Charles bertahun-tahun sepertinya membuahkan hasil. Meski awalnya sempat tidak direstui sang ibu, namun kini hati perempuan berusia 95 tahun itu luluh juga.

Pengumuman Ratu Elizabeth seakan mengisyaratkan dirinya tidak ingin kehilangan anaknya lagi. Setelah kasus pelecehan seksual Pangeran Andrew, yang memaksanya untuk mendepak putra kandungnya dari silsilah keluarga kerajaan. Para pengamat kerajaan menilai, jika Ratu telah melihat kegigihan Camilla untuk bisa diterima keluarga kerajaan dan massyarakat Inggris.

camilla dan ratu elizabeth ii
Dok. Getty Images

| Baca juga: Adu Gaya Camilla Vs Putri Diana Saat Memakai Kerudung. Siapa Paling Anggun?

Ratu menilai Pangeran Charles terjamin kebahagiaannya bersama Camilla, dan Camilla membantu anak sulungnya menghadapi banyak tantangan dan persoalan, terlebih urusan kerajaan. The Duchess of Cornwall itu mampu memberikan energi kepercayaan diri untuk Charles. Sosok Camilla yang begitu digilai Pangeran Charles, mengingatkan Ratu pada ibunya yang kerap memberikan sokongan moril kepada ayahnya, George VI yang saat itu menjabat sebagai Raja Inggris.

Pengumuman kejelasan status Camilla begitu melegakan. Secara terpisah Pangeran Charles akan memberikan ucapan tentang Platinum Jubilee sembari berterimakasih atas kebaikan hati ibunya. “Pangeran Wales akan mengeluarkan pernyataan ucapan selamat kepada Ratu pada Hari Aksesi. Dia dan Duchess of Cornwall tersentuh dan merasa terhormat dengan kata-kata Yang Mulia,’ kata juru bicara pasangan itu tak lama setelah diterbitkannya surat kerajaan dari Ratu.

Ini menjadi sangat jelas, ketika sebelumnya Pangeran Charles memaksa anak bungsunya Pangeran Harry untuk datang ke Inggris dan tinggal di tempatnya selama perayaan Queen’s Platinum Jubilee berlangsung. Pangeran Charles takut, kartu AS dirinya dan Camilla terbongkar dalam buku biografi yang sedang disusun oleh Harry, akan menggoyang tahta Camilla, yang ternyata sedang dipromosikan sebagai Permaisuri Inggris oleh Yang Mulia.

pangeran charles dan camilla
Dok. Getty Images

| Baca juga: Pangeran Harry Bikin Memoar, Pangeran Charles Meradang. Khawatir Tahta Camilla Dicopot?

Pernyataan Ratu juga membalikan keadaan Camilla yang sebelumnya hanya akan dikenal sebagai Princess Consort ketika Duke of Wales naik tahta. Penny Junor, penulis biografi Camilla Parker Bowles mengatakan bahwa dukungan Ratu adalah momen yang sangat dinantikan oleh Duchess of Cornwall.

“Ini adalah kabar bagus, karena jika benar ini adalah keinginan Ratu, maka saya rasa orang tidak akan mempertanyakannya,” kata Penny.

“The Duchess of Cornwall layak mendapatkan gelar tersebut. Ketika Charles jadi Raja, dia tidak akan mengunggulinya, namun akan menjadi sumber kekuatan Charless dibalik tahta, dan memberinya kepercayaan diri dan keberanian yang dibutuhkan,” tambahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here