Bocoran Perayaan 70 Tahun Ratu Elizabeth II Memimpin. Artis Dunia Kumpul Semua!

queen's platinum jubilee
Ratu Elizabeth II ketika menghadiri Diamond Jubilee tour tahun 2012. Dok. Vanity Fair

Tahun ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah Inggris, seorang pemimpin kerajaan berhasil mempertahankan tahta sampai 70 tahun lamanya. Queen’s Platinum Jubilee, adalah perayaan kesuksessan tahta bagi Ratu Elizabeth II. Momen kebahagiaan yang sekaligus menyedihkan, mengingat kematian ayahnya George VI.

Meski begitu peringatan ini layak dirayakan secara besar-besaran. Sebab, Ratu Elizabeth II lah yang bisa membawa perubahan Inggris ke arah modernisasi. Selama satu tahun penuh, dipastikan rakyat Inggris akan riang gembira dengan adanya Queen’s Platinum Jubilee. Lantas program apa saja yang telah dicanangkan pihak istana? Berikut laporannya.

10 Januari 2022

Pelaksanaan kompetisi Platinum Puding. Seluruh penduduk Inggris di atas 8 tahun bisa mengikutinya. Pesertanya diharuskan membuat resep puding yang enak untuk didedikasikan kepada perayaan 70 tahun Ratu bertahta. Lima finalis akan langsung dikomentatori oleh Kepala Koki Kerajaan, Dame Mary, Monica Galetti dan Mark Flanagan. Peserta yang keluar sebagai pemenang akan diambil resepnya untuk disajikan dalam makan siang akbar Jubilee ke depan. 

12-15 Mei 2022

Renacanya dalam rentang waktu 3 hari itu, Perayaan Platinum Jubilee akan melibatkan 500 kuda kerajaan dan 1.000 penampil yang terdiri dari aktor, seniman, musisi, penari, pertunjukan militer internasional, dan pertunjukkan berkuda global, akan berpartisipasi dalam acara yang berlangsung selama 90 menit. Selama itu penonton Kastil Windsor akan diajak menapaki sejarah dari Ratu Elizabeth I hingga sekarang.

| Baca juga: Memperingati 70 Tahun Ratu Elizabeth II Bertahta, Queen’s Jubilee Platinum Dirayakan Selama Satu Tahun

2-5 Juni 2022 (Jubilee Bank Holiday)

Kamis, 2 Juni, Ratu akan keluar keliling istana bersama dengan parade pengawal 200 kuda oleh Batalyon 1, Pengawal Irlandia dan lebih dari 1.400 tentara dari Divisi Rumah Tangga akan dipamerkan dalam parade ulang tahun (Trooping The Colour) Elizabeth Alexandra Mary dinobatkan sebagai Ratu Elizabeth II.

Istana Sandringham dan Balmoral akan dibuka untuk umum agar mereka bisa menikmatinya. Platinum Jubilee Beacons UK juga akan bergabung dengan Kepulauan Channel, Isle of Man dan wilayah luar United Kingdom untuk menyalakan suar menandai Jubilee. Suar utama akan dinyalakan dalam upacara di Istana Buckingham.

Jumat, 3 Juni, Ratu akan membuka Layanan Thanksgiving untuk pemerintahan Ratu yang diadakan di Katedral St Paul.

Sabtu, 4 Juni, Pesta Platinum Jubilee dirayakan meriah dan mengundang banyak artis dan selebritis dunia untuk menghibur acara Derby di Epsom Downs, Istana Buckingham. Stasiun TV BBC turut menyiarkan acara besar-besaran ini.

Minggu, 5 Juni, Pesta makan siang Jubilee akbar yang rencananya akan diadakan seluruh Inggris. Negara tetangga pun diharapkan bergabung bersama untuk makan dan bersenang-senang merayakan Platinum Jubilee. Ramah tamah ini sekaligus menandai berakhirnya Jubilee Bank Holiday.

| Baca juga: Ini Sosok Lady Diana Farnham, Dayang Ratu Elizabeth yang Baru Meninggal Dunia

Juli 2022

Tiga pertunjukkan khusus dihadirkan untuk menandai peristiwa penting dalam pemerintahan Yang Mulia, mulai dari Aksesi, Penobatan, dan Yobel akan dipentaskan di Istana Buckingham, Kastil Windsor dan Istana Holyroodhouse.

Melansir dari The Royal, acara The Queen’s Green Canopy akan diberlangsungkan mulai Maret 2022 hingga Maret 2023. Setahun ke depan Ratu akan konsisten menanam lebih dari 60.000 pohon secara bertahap dan melindungi 70 pohon dan hutan kuno warisan Kerajaan Inggris. 

Pemerintah Inggris sudah menyusun skema agar masyarakat bisa ikut menikmati 7 dekade Ratu Inggris memimpin. Alternatif yang ditawarkan adalah dengan melihat siaran langsungnya di stasiun TV BBC, atau bisa datang langsung ke lokasi acara dengan booking tiket di qbp.army.mod.uk. Tikes sudah bisa dibeli sejak tanggal 17 Januari 2022. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here