Setelah 56 Tahun dan 200 Film, Jackie Chan Mendapatkan Piala Oscar

0
204

Suatu kebanggaan tersendiri jika aktor atau aktris mendapatkan piala Oscar dari pagelaran Academy Award. Penghargaan ini diberikan kepada para seniman dalam dunia perfilman yang memiliki kontribusi sangat baik. Baru-baru ini, sebuah piala Oscar baru saja diraih oleh Jackie Chan, aktor yang lahir di Hong Kong pada 1954. Piala Oscar tersebut ia terima saat menghadiri acara tahunan Governors Awards  kedelapan, yang diselenggarakan Sabtu lalu di Los Angeles.

“Setelah 56 tahun di industri perfilman, membuat lebih dari 200 film, setelah banyak kali saya mematahkan tulang, akhirnya ini jadi milik saya,” komentar Jackie Chan setelah mendapatkan piala paling bergengsi tersebut. Menurutnya, ia pertama kali melihat piala Oscar di rumah aktor Amerika, Sylvester Stallone, 23 tahun silam. Memegang piala Oscar membuatnya jadi menginginkan satu dari piala tersebut. Akhirnya impiannya terkabul tahun ini, diserahkan langsung oleh Sylvester Stallone.

Jackie Chan

Karena cita-citanya tercapai, Jackie sangat bangga dan terharu. Ia menangis sekaligus tersenyum, lalu mencium patung piala tersebut. Jackie bisa dibilang merupakan legenda hidup di dunia perfilman dunia. Saat penyerahan piala, Stallone mengangkat tangan dan juga menunjukan jari telunjuk ke arah Jackie, sebagai tanda penghormatannya. Foto mereka berdua pun diunggah ke Instagram, dan Stallone pun memberi petunjuk bahwa akan ada proyek yang menampilkan mereka berdua dalam satu film. Mungkin kah lanjutan serial The Expendables?

“Jackie Chan yang hebat! Salah satu kebaikan. Semoga saja kita akan bekerjasama bersama dalam waktu dekat nanti! Saya masih sangat-sangat menyukai apa yang kami lakukan, meskipun jika hal tersebut masih tetap menyakitkan!” tulis aktor Rambo yang kini sudah memasuki usi 70 tahun itu. Sebelumnya, Stallone sempat bekerjasama dengan aktor Tiongkok, Jet Li, di beberapa film The Expendables.

Jackie Chan

Jackie mulai tampil di depan layar lebar sejak masih berusia enam tahun. Awalnya ia memiliki modal bela diri dan akrobatik dari sekolah drama Tiongkok, yang bernama Sekolah Opera Peking. Ia termasuk murid terbaik dan sering mengikuti pagelaran festival opera di Tiongkok. Jackie termasuk dalam kelompok Lucky Seven, di mana ia berteman baik dengan Sammo Hung dan Yuen Biao. Ketiganya sering disebut Tiga Naga, beberapa film Hong Kong juga sering menampilkan ketiganya dalam satu film.

Jackie Chan

Jackie Chan mulai memasuki pasar Hollywood melalui film pertamanya berjudul Rumble in the Bronx yang dirilis pada 1995.  Setelah itu dilanjutkan oleh Rush Hour yang dirilis pada 1998 bersama Chris Tucker. Selama di depan kamera, Jackie tak pernah menggunakan pemeran pengganti. Ia selalu menampilkan aksi berbahaya yang tak semua orang berani melakukannya. Saya rasa penghargaan Oscar ini memang sangat pantas diberikan oleh sang legenda hidup, Jackie Chan. (*)