3 Tips Memilih Pola Diet yang Tepat

0
34

Bila berbicara tentang diet, kamu pasti tahu bahwa banyak sekali pola diet yang dilakukan orang. Tetapi mungkin kamu yang baru ingin memulainya, merasa bingung karena terlalu banyak informasi, dan malah berujung mencoba-coba tetapi badan tidak kunjung menunjukkan tanda-tanda ideal.

Perlu kamu ketahui bahwa pola diet yang tidak benar, justru akan membuat badanmu tidak fit. Karena itu, kamu harus memilih pola diet yang tepat, agar bisa merasakan hasil diet yang maksimal.

Lalu seperti apa sebaiknya diet yang dipilih? 3 tips memilih pola diet di bawah ini akan membantumu.

1Diet Golongan Darah Untuk Kamu yang Ingin Hasil Jangka Panjang

Bukan salah satu cara diet yang paling cepat, namun diet golongan darah akan membuat kamu lebih fit dari biasanya. Hasilnya pun mampu kamu nikmati dalam jangka panjang. Namun diet ini hanya cocok untukmu yang memiliki komitmen tinggi dan tahan godaan.

Diet golongan darah tidak akan membuatmu kelaparan. Namun diet ini akan membuat kamu tidak bisa memakan beberapa makanan yang mungkin menjadi favoritmu. Contohnya adalah es krim, karena semua golongan darah tidak baik untuk memakan es krim ketika sedang diet.

2Jangan Tergiur Dengan Hasil Instan, Kecuali…

Beberapa diet memang memiliki hasil yang cepat dan menggiurkan. Tapi kamu perlu berhati-hati, karena bila hasilnya instan, maka hilangnya pun akan instan.

Kecuali bila kamu memang memiliki gol untuk menjadi langsing dalam satu acara saja–contoh: Ingin langsing karena mau datang ke acara pernikahan–, kamu bisa melakukan diet secara instan, yang biasanya memiliki cara ekstrim. Tapi setelahnya, kamu harus kembalikan porsi makan seperti biasa, karena diet ekstrim yang berkepanjangan tidak baik untuk tubuhmu.

3Pola Makan Adalah Kunci Utama, Olahgara Adalah Pembantu

Jangan merasa bahwa kamu sudah berlari 1 jam, maka kamu bisa memakan tiga piring nasi dalam satu lahap. 1 jam berlari tidak akan menghapus kalori 3 piring nasi. Kamu boleh makan tiga kali sehari, asal, polanya benar. Tidak berlebihan, kurangi makanan berlemak, daging juga baik namun jangan lupa sayuran. Dan bila kamu ingin berkomitmen, hentikan kebiasaan ngemil.

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh banyak pejuang diet adalah terlalu banyak memberikan porsi untuk olahraga di saat asupan ke dalam badan terlalu sedikit atau banyak. Olahraga hanyalah sarana pembantu diri untuk menjadi fit, karena olahraga yang berlebihan juga bisa berakibat tidak baik pada badanmu. Contohnya, kamu akan cepat lelah, badan tidak pernah terasa nyaman, dan pola tidur yang kurang baik.

Tentukan pola dietmu sendiri, bila perlu ikutlah ke gym dan berkonsultasi dengan personal trainer, karena setiap orang memiliki tubuh yang berbeda. Artikel ini hanyalah tips memilih pola diet, selanjutnya kamu harus berkomitmen kepada diri sendiri agar hasil tercapai.