3 Cara Cegah Infeksi Saluran Kemih Setelah Menopause

0
184

Wanita yang sudah memasuki masa menopause tentu banyak mengalami perubahan pada dirinya. Perubahan ini kebanyakan karena berkurangnya hormon estrogen. Selain menyebabkan berhentinya menstruasi, juga menipiskan dinding vagina, yang membuat rentan infeksi saluran kemih (ISK). Gejalanya seperti nyeri saat buang air kecil, urin keruh, nyeri panggul dan sering buang air kecil.

Masa menopause biasa juga diiringi dengan berkurangnya sistem kekebalan tubuh. Karena itu, tubuh akan semakin rentan terserang bakteri E. Coli penyebab ISK. Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis minuman ini untuk mengurangi efek ISK.

1Jus

Mengonsumsi satu gelas jus buah, terutama jenis beri, secara rutin mampu mengurangi risiko ISK. Buah banyak mengandung flavanol, senyawa ampuh pembunuh bakteri.

2Susu Olahan

Produk susu olahan seperti yoghurt, kefir dan keju juga ampuh menggempur bakteri penyebab ISK. Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu ini tiga kali dalam seminggu secara rutin. Produk olahan susu yang mengandung bakteri lactobacilli dapat membantu mengurangi risiko ISK.

3Hindari Minuman Ini

Beberapa minuman juga ada yang sebaiknya dihindari seperti jus jeruk nipis atau lemon, kopi, minuman beralkohol dan cokelat. Mengonsumsi minuman ini hanya menyebabkan Anda sering ke toilet. Tentu sangat menjengkelkan dan menyakitkan.